IDENTIFIKASI CHANNEL MENGGUNAKAN DEKOMPOSISI SPEKTRAL DAN ATRIBUT SEISMIK BERDASARKAN METODE RGB BLENDING (STUDI KASUS: CEKUNGAN BROWSE, BARATLAUT AUSTRALIA)

Febriyan, Ananda (2023) IDENTIFIKASI CHANNEL MENGGUNAKAN DEKOMPOSISI SPEKTRAL DAN ATRIBUT SEISMIK BERDASARKAN METODE RGB BLENDING (STUDI KASUS: CEKUNGAN BROWSE, BARATLAUT AUSTRALIA). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (293Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan.pdf

Download (2188Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Cekungan Browse adalah salah satu cekungan penghasil hidrokarbon yang terletak di Baratlaut Austalia yang hingga saat ini masih dilakukan eksplorasi dan eksploitasi. Channel merupakan sistem yang menarik dikembangkan di cekungan browse, namun untuk mendapatkan sebaran channel di cekungan browse cukup menantang. Pada penelitian ini, dekomposisi spektral dan atribut seismik berdasarkan metode RGB blending telah berhasil mengidentifikasi distribusi channel cekungan browse. Software yang digunakan adalah Paleoscan. Pengolahan dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Pengolahan data diawali dengan dilakukannya input data seismik default ke dekomposisi spektral maupun seismik atribut. Peta RGB blending dekomposisi spektral diekstrasi dari 8 Hz sebagai frekuensi rendah, 17 Hz sebagai frekuensi menengah, dan 28 Hz sebagai frekuensi tinggi. Sedangkan untuk atribut seismik digunakan RMS amplitudo, envelope, dan sweetness. Dilakukan analisis RGB blending untuk mendapatkan pencitraan distribusi channel yang lebih baik dari dekomposisi spektral dan atribut seismik. Dari proses penelitian dan pebuatan konsep model yang dilakukan, didapati kenampakan channel pada peta time slice menjelaskan pesebaran channel cekungan browse diprediksi dari arah barat menuju arau timurlaut yang mana ini diperkuat dari data hasil ekstrak atribut RMS amplitudo, atribut envelope dan atribut sweetness dengan dekomposisi spektral rentang frekuensi 8 Hz – 28 Hz. Kata Kunci: Cekungan Browse, Channel, Dekomposisi Spektral, Atribut Seismik, RGB blending

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Geofisika
Pengguna Deposit: 2308021794 . Digilib
Date Deposited: 19 Oct 2023 06:37
Terakhir diubah: 19 Oct 2023 06:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76642

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir