PERANCANGAN UI/UX LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) APLIKASI MOBILE EDU-LEARN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Muhammad Naufal, Ashiddiq (2023) PERANCANGAN UI/UX LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) APLIKASI MOBILE EDU-LEARN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE TUGAS AKHIR ATAU SKRIPSIDISERTASI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FILE TUGAS AKHIR ATAU SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1332Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Learning Management System (LMS) adalah perangkat lunak yang dilakukan secara online untuk kebutuhan dokumentasi, administrasi, laporan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi Covid-19 berpotensi menimbulkan turunnya semangat peserta didik dalam pembelajaran. Permasalahan yang dihadapi oleh pengguna Learning Management System (LMS) adalah kurangnya fitur yang mendukung pembelajaran jarak jauh, banyak peserta didik yang tertinggal pembelajaran dan guru yang sulit mengontrol peserta didik serta Learning Management System yang fiturnya belum cukup lengkap. Berdasarkan masalah tersebut maka dibangunlah aplikasi Mobile Edu-Learn yang menyediakan kemudahan pembelajaran jarak jauh dengan fitur yang mendukung guru dalam controlling peserta didik dan mengurangi turunnya semangat peserta didik dalam pembelajaran dengan fitur yang dibutuhkan oleh pengguna. Menurut hasil survei yang dilakukan pada tahap Emphatize kepada Peserta didik dan Guru sebanyak 100% responden berkeinginan adanya aplikasi penunjang pembelajaran jarak jauh yang fiturnya lengkap, sebanyak 66,7% responden merasa kebingungan dan kesulitan jika menggunakan lebih dari satu aplikasi penunjang pembelajaran jarak jauh, sebanyak 50% responden kesulitan berdiskusi baik dengan guru, kesulitan akses materi, lupa presensi dan lupa mengumpulkan tugas dan 83,3% responden memilih LMS yang baik itu memiliki fitur pengingat akademik (ujian, pengumpulan tugas, presensi, dan lain-lain). Hasil dari penelitian ini adalah berupa prototype Learning Management System aplikasi Mobile Edu-Learn dengan menggunakan metode Design Thinking yang melewati 5 tahap yaitu Emphatize, Define, Ideati, Prototype, Testing. Pada tahapan testing menggunakan usability testing dihasilkan skor rata-rata sebesar 80,83 dengan grade scale B, adjective rating excellent dan masuk dalam kategori Acceptable dengan iterasi design sebanyak dua kali.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Informatika
Pengguna Deposit: 2308697169 . Digilib
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:31
Terakhir diubah: 20 Oct 2023 02:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76665

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir