ANALISIS PRODUCT PLACEMENT PERMEN KOPIKO DALAM DRAMA KOREA SEBAGAI MEDIA PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS (Studi Pada Penonton Drama Korea Hometown Cha Cha Cha, Little Women dan Blind)

LC HSIA ASRI , LAM’A BOURLYN (2023) ANALISIS PRODUCT PLACEMENT PERMEN KOPIKO DALAM DRAMA KOREA SEBAGAI MEDIA PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS (Studi Pada Penonton Drama Korea Hometown Cha Cha Cha, Little Women dan Blind). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (196Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3089Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penempatan produk dalam film atau drama ditayangkan seakan menjadi bagian dari alur cerita sehingga penonton dapat secara tidak langsung melihat produk, merek ataupun logo yang muncul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui brand awarareness permen Kopiko melalui penerapan product placement dalam drama korea. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Kopiko muncul dalam drama Korea Hometown Cha Cha Cha sebanyak 4 kali, Little Women 3 kali dan Blind 2 kali. Penelitian ini menunjukkan bahwa drama Hometown Cha Cha Cha, Little Women dan Blind memiliki visual dimension, auditory dimension, dan plot connection. Melalui product placement terdapat komunikasi non-personal antara Kopiko dan penonton dengan adanya penyampain pesan secara secara halus yang menujukkan visual, manfaat dan fungsi produk. Hubungan alur cerita dengan kemunculan produk disajikan dengan rapi sehingga pesan yang hendak disampaikan dapat diterima dengan baik oleh penonton. Tingkat brand awareness yang dimiliki oleh informan telah mencapai level Top Of Mind. Faktor yang membentuk brand awareness penonton dikarenakan adanya iklan melalui product placement, tampilan khas dari permen Kopiko yang berbentuk kotak dengan warna cokelat pekat dan logo melalui desain kemasan permen tersebut yang bertuliskan Kopiko dengan nuansa warna hitam, merah, dan putih. Kata Kunci: Product Placement, Kopiko, Brand Awareness

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Pengguna Deposit: 2308337392 . Digilib
Date Deposited: 03 Nov 2023 09:21
Terakhir diubah: 03 Nov 2023 09:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76792

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir