PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT DAN INTERAKSI PARASOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA PRODUK SOMETHINC)

Nabila Putri , Maharani (2023) PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT DAN INTERAKSI PARASOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA PRODUK SOMETHINC). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3809Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3812Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perubahan teknologi saat ini mempengaruhi bidang sosial dan ekonomi yang membuat perpindahan para pelaku bisnis dari konvensional menjadi lebih banyak berinteraksi di platform digital. Media sosial merupakan platform digital yang telah muncul sebagai fenomena global. Aktivitas pemasaran melalui media sosial memberikan berbagai manfaat bagi merek sehingga berkembang menjadi alat pemasaran online yang dominan di Indonesia. Hal ini membuat para pelaku bisnis untuk melakukan inovasi agar dapat menarik target konsumen mereka, salah satunya dengan menggunakan strategi celebrity endorsement. Melalui media sosial, selebriti saat ini mampu membangun hubungan dekat dengan audiens melalui interaksi langsung dengan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh celebrity endorsement yang dimiliki melalui dimensi celebrity endorser serta pengaruh interaksi parasosial terhadap keputusan pembelian dari pengguna media sosial TikTok pada produk Somethinc di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei online dan mengumpulkan 280 tanggapan responden. Analisis data menggunakan metode Structural Equation Modeling dengan bantuan aplikasi AMOS 24. Hasil penelitian menunjukkan dari tujuh hipotesis yang diajukan, lima hipotesis diterima dan dua hipotesis ditolak. Daya tarik dan keahlian selebriti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap interaksi parasosial dan keputusan pembelian konsumen, namun kepercayaan tidak berpengaruh terhadap interaksi parasosial maupun keputusan pembelian. Penelitian ini juga menemukan bahwa interaksi parasosial yang terjadi antara konsumen dan selebriti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Keywords: Celebrity Endorsements, Interaksi Parasocial, Media sosial, Keputusan pembelian.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen S2
Pengguna Deposit: 2308796159 . Digilib
Date Deposited: 03 Nov 2023 01:31
Terakhir diubah: 03 Nov 2023 01:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76797

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir