STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KEMPLANG PANGGANG MEREK ANGO DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PASAR

Nadia , Silvia Oktaviani (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KEMPLANG PANGGANG MEREK ANGO DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PASAR. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (113Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (724Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (564Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

This research aims to analyze the internal and external factors of the Kemplang Panggang Ango Business in increasing market competitiveness, formulate strategies that suit business conditions, and recommend appropriate business development strategies to be implemented by the Kemplang Panggang Ango Business. The data used in this research are primary data and secondary data. The data obtained was processed and analyzed using the IFE (Internal Factor Evaluation) matrix, the EFE (External Factor Evaluation) matrix, the IE (Internal External) matrix, the SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) matrix and the QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Based on the analysis of the internal and external environment, it shows that the Kemplang Panggang Ango Business is in quadrant V, hold and maintain. There are six alternative strategies produced in the SWOT matrix, namely improving product quality by implementing a standard operating procedure (SOP), maintaining good relationships with distributors, maximizing promotions and sales on e-commerce to reach wider consumers, utilizing technology in financial recording, creating unique characteristics. on products and packaging, and completing production technology and improving the quality of human resources. The recommended priority business development strategy is to improve product quality by implementing a standard operating procedure (SOP). Kata kunci: development strategy, IE matrix, SWOT matrix, QSPM Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal dari Usaha Kemplang Panggang Ango dalam meningkatkan daya saing pasar, merumuskan strategi yang sesuai dengan kondisi usaha, dan merekomendasikan strategi pengembangan usaha yang tepat untuk diimplementasikan oleh Usaha Kemplang Panggang Ango. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan matriks IFE (Internal Factor Evaluation), matriks EFE (External Factor Evaluation), matriks IE (Internal External), matriks SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat), dan matriks QSP (Quantitative Strategic Planning). Berdasarkan analisis lingkungan internal dan eksternal menunjukkan Usaha Kemplang Panggang Ango berada pada kuadran V yaitu menjaga dan mempertahankan (hold and maintain). Terdapat enam alternatif strategi yang dihasilkan pada matriks SWOT yaitu meningkatkan kualitas produk dengan menerapkan standard operating procedure (SOP), menjaga hubungan baik dengan pihak distributor, memaksimalkan promosi dan penjualan pada ecommerce untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, memanfaatkan teknologi dalam pencatatan keuangan, membuat ciri khas pada produk dan kemasannya, dan melengkapi teknologi produksi dan meningkatkan kualitas SDM. Strategi pengembangan usaha prioritas yang disarankan adalah meningkatkan kualitas produk dengan menerapkan standard operating procedure (SOP). Kata kunci: strategi pengembangan, matriks IE, matriks SWOT, matriks QSP

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Teknologi Hasil Pertanian
Pengguna Deposit: 2308346206 . Digilib
Date Deposited: 09 Nov 2023 01:36
Terakhir diubah: 09 Nov 2023 01:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76849

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir