ESTIMASI NILAI EKONOMI WISATA DENGAN MENGGUNAKAN TRAVEL COST METHOD (Studi Kasus: Pantai Mutun, Kabupaten Pesawaran)

Ghirrid, Farras Natacia (2023) ESTIMASI NILAI EKONOMI WISATA DENGAN MENGGUNAKAN TRAVEL COST METHOD (Studi Kasus: Pantai Mutun, Kabupaten Pesawaran). FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (126Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2371Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
2. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2237Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghitung nilai ekonomis Pantai Mutun, dan mengetahui faktor-faktor penentu yang mempengaruhi kecenderungan wisatawan untuk mengunjungi Pantai Mutun. Variabel dalam penelitian ini adalah biaya perjalanan, pendapatan, tingkat pendidikan, persepsi pengunjung, lokasi wisata, dan daya tarik wisata Pantai Mutun, dan perhitungan nilai ekonomi Pantai Muntun dihitung menggunakan travel cost method (TCM). Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Pantai Mutun yang berjumlah 33.000 orang. Metode yang digunakan untuk penentuan sampel adalah dengan metode purposive sampling dan sampel yang diperoleh dengan rumus Lameshow adalah 116 pengunjung Pantai Mutun. Analisis data menggunakan analisis pengaruh dengan SPSS 26 sebagai alat analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ekonomi total dari wisata Pantai Mutun sebesar Rp 5.788.474.503,-per tahun. Selain itu hasil uji pengaruh menghasilkan bahwa variabel biaya perjalanan, pendapatan, persepsi pengunjung, dan daya tarik memiliki pengaruh terhadap jumlah kunjungan wisatawan Pantai Mutun, sementara pada variabel pendidikan dan lokasi wisata tidak memiliki pengaruh terhadap jumlah pengunjung Pantai Mutun. Kata Kunci: Travel Cost Method, Beban Perjalanan, Tingkat Pendapatan, Tingkat Pendidikan, Persepsi Pengunjung, Daya Tarik Wisata, Daya Pikat, dan Jumlah Pengunjung. ABSTRACT This research aims to calculate the economic value of Mutun Beach, and determine the determining factors that influence tourists' tendency to visit Mutun Beach. The variables in this research are travel costs, income, education level, visitor perceptions, tourist locations and tourist attractions of Mutun Beach, and the economic value of Muntun Beach is calculated using the travel cost method (TCM). The population in this study was Mutun Beach visitors, totaling 33,000 people. The method used to determine the sample was the purposive sampling method and the sample obtained using the Lameshow formula was 116 visitors to Mutun Beach. Data analysis uses influence analysis with SPSS 26 as an analysis tool. The research results show that the total economic value of Mutun Beach tourism is IDR 5,788,474,503 per year. Apart from that, the results of the influence test show that the variables of travel costs, income, visitor perceptions and attractiveness have an influence on the number of tourist visits to Mutun Beach, while the variables of education and tourist location have no influence on the number of visitors to Mutun Beach. Keywords: Travel Cost Method, Travel Expenses, Income Level, Education Level, Visitor Perception, Tourist Attraction, Allure, and Number of Visitors

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Ekonomi Pembangunan
Pengguna Deposit: 2308942033 . Digilib
Date Deposited: 09 Nov 2023 07:24
Terakhir diubah: 09 Nov 2023 07:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76856

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir