PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM BERBANTUAN LKPD ELEKTRONIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN HARMONIS SEDERHANA

B. TIARA , SHAFA ZAHIRAH (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM BERBANTUAN LKPD ELEKTRONIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN HARMONIS SEDERHANA. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Project Based Learning terintegrasi STEM berbantuan LKPD elektronik terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi getaran harmonis sederhana. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bumi Agung menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes berupa soal uraian pada materi getaran harmonis sederhana dan instrumen non tes berupa lembar observasi keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,55 dengan kategori sedang dan N-gain pada kelas kontrol sebesar 0,41 dengan kategori sedang. Hasil lembar observasi keterampilan proses sains pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata persentase indikator sebesar 75% lebih besar dari pada kelas kontrol dengan rata-rata persentase indikator sebesar 64%. Hasil uji hipotesis Mann-Whitney diperoleh nilai sig. sebesar 0,001<0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan rata-rata keterampilan proses sains pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa peningkatan keterampilan proses sains peserta didik pada kelas eksperimen dengan model Project Based Learning terintegrasi STEM berbantuan LKPD elektronik lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan model Discovery Learning. Hasil uji effect size diperoleh nilai partial eta square sebesar 0,199 dengan kategori besar yang berarti pembelajaran menggunakan model Project Based Learning terintegrasi STEM berbantuan LKPD elektronik berpengaruh sangat baik dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Kata Kunci: Project Based Learning, STEM, Keterampilan Proses Sains, LKPD Elektronik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308374499 . Digilib
Date Deposited: 10 Nov 2023 03:21
Terakhir diubah: 10 Nov 2023 03:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76860

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir