PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN E-MODUL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

PUJIONO, PUJIONO (2023) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN E-MODUL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
THESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2638Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
thesis tanpa pembahasan.pdf

Download (2638Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk e-modul Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan model pengembangan 4D. Tahapan penelitian pengembangan ini dimulai dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangkan), disseminate (Penyebarluasan). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-MIPA2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA1 sebagai kelas eksperimen pada SMAS Yadika Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Data penelitian diperoleh angket validasi, angket kepraktisan dan dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil validasi, produk yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dan respon pendidik dan peserta didik mengenai kepraktisan e-modul sangat tinggi. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik yang belajar menggunakan e-modul Problem Based Learning lebih besar dibandingkan dengan peserta didik yang belajar tidak menggunakan e-modul Problem Based Learning, sehingga e-modul Problem Based Learning efektif untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-modul Problem Based Learning valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2308570721 . Digilib
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:55
Terakhir diubah: 17 Nov 2023 02:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76915

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir