PENGARUH APLIKASI PUPUK ORGANIK TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT PADA PERTANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) TERHADAP KEMAMPUAN MENAHAN AIR DI TANAH BERPASIR

ERWIN , HIDAYAH (2023) PENGARUH APLIKASI PUPUK ORGANIK TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT PADA PERTANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) TERHADAP KEMAMPUAN MENAHAN AIR DI TANAH BERPASIR. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1311Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1227Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kegiatan pertanian pada tanah berpasir memiliki kendala salah satunya berkaitan dengan sifat fisik tanah. Tanah berpasir memiliki karakteristik sifat fisik yang didominasi oleh pori makro sehingga tanah mudah dalam meloloskan air dan kemampuan tanah menahan air menjadi rendah. Hal ini menyebabkan kesuburan tanah menjadi rendah dan tanaman mudah mengalami kekeringan. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan tanah menahan air dapat dilakukan dengan cara pemberian pupuk NPK dan pupuk organik tandan kosong kelapa sawit. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh aplikasi pupuk NPK dan pupuk organik tandan kosong kelapa sawit terhadap kemampuan tanah menahan air serta variabel pendukung kemantapan agregat tanah, struktur tanah, Corganik tanah, dan komponen produksi tanaman jagung. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 ulangan dan 7 perlakuan yaitu, A = Kontrol, B = 1 NPK, C = ¾ NPK, D = ¾ NPK + ½ Pupuk Organik, E = ¾ NPK + 1 Pupuk Organik, F = ¾ NPK + 1 ½ Pupuk Organik, dan G = 1 NPK + 1 Pupuk Organik. Analisis di laboratorium menggunakan metode sand box dan tekanan uap (desikator). Data dianalisis secara kuantitatif dengan membandingkan hasil analisis dengan kriteria kelas penetapan yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi pupuk NPK dan pupuk organik tandan kosong kelapa sawit belum mampu meningkatkan kemampuan menahan air pada tanah berpasir, namun dosis perlakuan F (¾ NPK + 1 ½ Pupuk Organik) menunjukkan nilai tertinggi diantara perlakuan aplikasi pupuk organik tandan kosong kelapa sawit lainnya. Kata kunci : Tanah berpasir, kemampuan menahan air, pupuk organik, tandan kosong kelapa sawit, sand box, pF.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Ilmu Tanah
Pengguna Deposit: 2308863438 . Digilib
Date Deposited: 23 Nov 2023 01:10
Terakhir diubah: 23 Nov 2023 01:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76946

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir