LATENSI PERILAKU BELA NEGARA PADA KADER PROGRAM PEMBINAAN KESADARAN BELA NEGARA (STUDI DI DIREKTORAT BELA NEGARA DIREKTORAT JENDERAL POTENSI PERTAHANAN KEMENTERIAN PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA)

Aura , Sabrina Afidatur Rachma (2023) LATENSI PERILAKU BELA NEGARA PADA KADER PROGRAM PEMBINAAN KESADARAN BELA NEGARA (STUDI DI DIREKTORAT BELA NEGARA DIREKTORAT JENDERAL POTENSI PERTAHANAN KEMENTERIAN PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Guna menghadapi ancaman arus globalisasi yang dapat melunturkan identitas diri generasi muda, pemerintah mengeluarkan program Pembinaan Kesadaran Bela Negara untuk menangkal ancaman tersebut. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat implementasi program dan latensi perilaku para kader program tersebut dengan tujuan untuk memberikan sumbangsih pemikiran dalam menciptakan perilaku bela negara bagi para kader. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis menggunakan teori Struktural Fungsional Talcott Parsons. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa, implementasi program Pembinaan Kesadaran Bela Negara telah sesuai dengan peraturan yang ada. Namun, belum ada keberlanjutan secara program untuk memelihara pola komunikasi antara kader dan penyelenggara program. Sementara itu, latensi perilaku para kader telah sesuai dengan harapan penyelenggara program. Hal ini dapat dilihat dari 5 nilai dasar bela negara, terdapat 4 nilai bela negara yang telah terlaksana dengan baik. Namun, terdapat 1 nilai yang belum diamalkan secara maksimal oleh para kader dalam kehidupannya sehari-hari, yakni perilaku rela berkorban untuk bangsa dan negara. Secara keseluruhan, latensi perilaku program Pembinaan Kesadaran Bela Negara bagi para kader sudah ada, namun tidak terukur. Untuk itu, bagi Subdirektorat Lingkup Pendidikan Direktorat Bela Negara peneliti berharap agar dapat terus meningkatkan pemeliharaan komunikasi pasca program selesai sehingga seluruh kader tetap memiliki jalinan komunikasi dengan penyelenggara program Pembinaan Kesadaran Bela Negara secara berkelanjutan. Kata kunci: Bela Negara, Implementasi Program, Kader, Latensi Perilaku.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2308419881 . Digilib
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:12
Terakhir diubah: 23 Nov 2023 03:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76958

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir