EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

RENI , WIDI ASTUTI (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2634Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1517Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran guided discovery pada materi larutan penyangga dalam meningkatkan keterampilan proses sains. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Sumberejo, dengan populasi penelitian seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1 Sumberejo tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional, sedangkan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran guided discovery. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretes postes non-equivalent control group design. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata, yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata n-gain keterampilan proses sains kelas kontrol dan kelas eksperimen serta ratarata n-gain keterampilan proses sains kelas eksperimen sebesar 0,71 berkategori tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided discovery efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi larutan penyangga. Kata kunci: guided discovery, keterampilan proses sains, larutan penyangga.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308495387 . Digilib
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:22
Terakhir diubah: 24 Nov 2023 07:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76963

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir