YUSUF , TRI PUTRA SURAHMAN (2023) PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 4-5 TAHUN DALAM KEGIATAN MENDONGENG DI TK KUNTUM MEKAR KIDS RAJABASA RAYA. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2483Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1092Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun dalam kegiatan mendongeng. Jenis penelitian adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek satu orang anak usia 4-5 tahun. Objek penelitian ini yaitu perkembangan kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kemampuan menyimak anak yang diteliti meliputi: (1) dimensi penuh perhatian (2) dimensi pemahaman (3) dimensi apresiasi (4) dimensi interpretasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa anak mampu menyimak dengan baik menyimak dalam kegiatan mendongeng. Adapun anak mampu menyimak dengan baik dikarnakan kegiatan mendongeng terdapat cerita yang menarik dan boneka tangan yang lucu, sehingga membuat anak tertarik, mudah memahami kalimat baru, serta menstimulasi anak untuk berfikir melalui imajinasi dan membuat anak berani mengungkapkan pendapat yang terlihat dari cara menjawab pertanyaan. Kata Kunci: kemampuan menyimak, mendongeng This study aims to analyze the development of listening ability of children aged 4-5 years in storytelling activities. This type of research is a case study with a descriptive qualitative approach with a subject of one child aged 4-5 years. The object of this study is the development of listening ability of children aged 4-5 years. Data collection techniques use observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques consist of data collection, data reduction, data presentation, and conclusions. The listening ability of the children studied includes: (1) the dimension of mindfulness (2) the dimension of understanding (3) the dimension of appreciation (4) the dimension of interpretation. The results of the study found that children were able to listen well in storytelling activities. The children are able to listen well because of storytelling activities there are interesting stories and funny hand puppets, so as to make children interested, easily understand new sentences, and stimulate children to think through imagination and make children dare to express opinions that can be seen from how to answer questions. Keywords: development of listening ability, storytelling method
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Anak Usia Dini |
Pengguna Deposit: | 2308232907 . Digilib |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 08:35 |
Terakhir diubah: | 24 Nov 2023 08:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76968 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |