PERILAKU PERTUKARAN KALIUM (K), K TERPANEN, DAN PRODUKSI JAGUNG AKIBAT PEMBERIAN PUPUK KANDANG AYAM DAN BIOCHAR DI TANAH ULTISOL GEDUNG MENENG PADA MUSIM TANAM KE-3

Marcelin , Dinata (2023) PERILAKU PERTUKARAN KALIUM (K), K TERPANEN, DAN PRODUKSI JAGUNG AKIBAT PEMBERIAN PUPUK KANDANG AYAM DAN BIOCHAR DI TANAH ULTISOL GEDUNG MENENG PADA MUSIM TANAM KE-3. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (134Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1800Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1585Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Jagung merupakan salah satu makanan pokok di Indonesia yang digunakan menjadi sumber karbohidrat, bahan baku industri, dan pakan ternak. Penelitian bertujuan untuk mempelajari pengaruh dari perlakuan pupuk kandang ayam dan biochar dalam meningkatkan produksi dan serapan kalium pada pertanaman jagung, parameter Q/I kalium (PBCK+, ΔK0,CRK0, dan KG), dan korelasi antara parameter Q/I kalium dan KTK dengan kalium terpanen dan produksi jagung akibat pengaplikasian pupuk kandang ayam dan biochar. Penelitian menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan terdapat 4 perlakuan yaitu PPD: pupuk dasar (400 kg ha-1 Urea, 100 kg ha-1 KCl, dan 150 kg ha-1 TSP), PPD + BCR: PPD + 5 Mg.ha-1 biochar, PPD + PKA: PPD + 5 Mg.ha-1 pupuk kandang kotoran ayam, dan PPD + BCR + PKA: PPD + 5 Mg.ha-1 Biochar + 5 Mg.ha-1 Pupuk kandang ayam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) pemberian pupuk kandang ayam dan biochar, serta kombinasinya dengan dosis 5 Mg.ha-1 berpengaruh nyata meningkatkan produksi tanaman dan K terpanen pada tanaman jagung; 2) perlakuan PPD + BCR + PKA meningkatkan parameter PBCK+ dan KG kecuali pada perlakuan PPD + BCR dan PPD + PKA. Sedangkan pada parameter CRK0 semua perlakuan menurun. Sementara itu, pada perlakuan PPD + PKA dan PPD + BCR + PKA parameter ΔK0 meningkat kecuali pada perlakuan PPD dan PPD + BCR; 3) Parameter PBCK+, KG, dan KTK pada tanah sebelum tanam tidak nyata berkorelasi terhadap serapan hara K dan produksi jagung, namun pada parameter ΔK0 dan CRK0 nyata berkorelasi negatif terhadap serapan hara K dan produksi jagung. Sedangkan pada tanah setelah panen parameter PBCK+, ΔK0 ,CRK0, dan KG tidak nyata berkorelasi terhadap serapan hara K dan produksi jagung, namun KTK nyata berkorelasi positif terhadap serapan hara K dan produksi jagung. Kata Kunci: Biochar, Pupuk kandang ayam, Pertukaran Kalium, Jagung, Quantity-Intensity (Q/I)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Ilmu Tanah
Pengguna Deposit: 2308851674 . Digilib
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:29
Terakhir diubah: 04 Dec 2023 03:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77063

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir