IMPLEMENTASI INTRAKURIKULER DAN EKSTRAKURIKULER DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA MELALUI BUDAYA SEKOLAH SMA NEGERI 1 SIDOMULYO LAMPUNG SELATAN

NYOMAN , NEGRO (2023) IMPLEMENTASI INTRAKURIKULER DAN EKSTRAKURIKULER DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA MELALUI BUDAYA SEKOLAH SMA NEGERI 1 SIDOMULYO LAMPUNG SELATAN. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3923Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3844Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Lingkungan sekolah, sebagai salah satu lembaga yang punya kepentingan dalam pembentukan karakter anak, perlu membangun budaya positif. Proses pembentukan karakter di awali dengan pembiasaan. Proses pembiasaan inilah yang kita kenal dengan budaya atau pembudayaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dengan rancangan study kasus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi intrakurikuler dan ekstrakurikuler dalam membentuk karakter kedisiplinan siswa melalui budaya sekolah di SMAN 1 Sidomulyo Lampung Selatan. Adapun bagian dari intrakurikuler yang laksanakan adalah kegiatan pembelajaran dalam kelas, wawasan kebangsaan, piket kelas, kegiatan senam pagi dan kegiatan peribadatan. Menunjukkan bahwa Implementasi intrakurikuler dalam membentuk karakter kedisiplinan siswa melalui budaya sekolah berperan dalam membentuk karakter kedisiplinan peserta didik dengan kesadaran diri dan tanggung jawab peserta didik serta pengawasan dari guru. Implementasi ekstrakurikuler dalam membentuk karakter kedisiplinan siswa melalui budaya sekolah di SMAN 1 Sidomulyo Lampung Selatan dengan kegiatan Pramuka dan kegiatan ektrakurikuler pilihan, Hambatan dalam implementasi intrakurikuler dan ekstrakurikuler dalam membentuk karakter kedisiplinan siswa melalui budaya sekolah di SMAN 1 Sidomulyo Lampung Selatan diantaranya yaitu ada peserta didik yang terlambat baik dalam kegiatan senam, upacara ataupun saat kbm di jam pertama di mulai. Ada peserta didik yang bersifat malas dalam kegiatan yang di adakan sekolah. Faktor pendukung dalam implementasi intrakurikuler dan ekstrakurikuler dalam membentuk karakter kedisiplinan siswa melalui budaya sekolah di SMAN 1 Sidomulyo Lampung Selatan diantaranya yaitu mayoritas warga sekolah ikut sertadalam melaksanakan pembiasaan budaya sekolah melalaui kegiatan KBM ataupun kegiatan ekstrakurikuler Mayoritas peserta didik displin, semangat dan antusias dalam segala kegiatan sekolah.. Sarana dan prasarana sekolah mendukung baik untuk kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Kata kunci : Implementasi, Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, Kedisplinan dan Budaya sekolah The school environment, as an institution that has an interest in forming children's character, needs to build a positive culture. The process of character formation begins with habituation. This habituation process is what we know as culture or civilisation. This research is a type of qualitative research with a phenomenological approach with a case study design. The aim of this research is to determine the implementation of intracurricular and extracurricular activities in shaping students' disciplinary character through school culture at SMAN 1 Sidomulyo South Lampung. The parts of the extracurricular activities that are carried out are in-class learning activities, national insight, class picket, morning exercise activities and worship activities. Shows that intracurricular implementation in shaping students' disciplinary character through school culture plays a role in forming students' disciplinary character with self-awareness and responsibility of students as well as supervision from teachers. Implementation of extracurricular activities in forming students' disciplinary character through school culture at SMAN 1 Sidomulyo South Lampung with Scout activities and selected extracurricular activities. Obstacles in implementing intracurricular and extracurricular activities in forming students' disciplinary character through school culture at SMAN 1 Sidomulyo South Lampung include students who being late either for gymnastics activities, ceremonies or when the class begins in the first hour. There are students who are lazy in the activities held by the school. Supporting factors in the implementation of intracurricular and extracurricular activities in shaping students' disciplinary character through school culture at SMAN 1 Sidomulyo South Lampung include the majority of the school community participating in implementing school culture habituation through teaching and learning activities or extracurricular activities. The majority of students are disciplined, enthusiastic and enthusiastic in all school activities. .School facilities and infrastructure support both intracurricular and extracurricular activities. Keywords: Implementation, Intracurricular, Extracurricular, Discipline and School Culture

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308529795 . Digilib
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:43
Terakhir diubah: 04 Dec 2023 03:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77069

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir