STRATEGI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PEDESAAN MELALUI USAHA BUDI DAYA JAMUR TIRAM (Studi Pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Bunda Karya Di Desa Cipadang Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran)

Annisa, Fatma Da Silva (2023) STRATEGI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PEDESAAN MELALUI USAHA BUDI DAYA JAMUR TIRAM (Studi Pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Bunda Karya Di Desa Cipadang Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (149Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3534Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1897Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pemberdayaan pada teori pemberdayaan Mardikanto dan Subiyanto serta mengetahui strategi dalam pemberdayaan perempuan pedesaan menggunakan analisis SWOT. Penelitian dilakukan pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Bunda Karya di Desa Cipadang Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Tipe penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Subjek penelitian ini adalah petugas PPL, pembina dari Organisasi YSTC, pengurus dan anggota KWT Bunda Karya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pemberdayaan yang dilakukan pada KWT Bunda Karya telah dilakukan dengan cukup baik sesuai dengan 4 lingkup upaya bina pemberdayaan yaitu bina manusia, bina usaha, bina lingkungan, dan bina kelembagaan namun belum terealisasi secara maksimal. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya pelaksanaan pada upaya bina usaha dalam pengembangan usaha melalui olahan produk jamur tiram dan pemasaran produk jamur tiram. Adapun pada strategi pemberdayaan diperoleh 12 alternatif strategi yaitu meningkatkan produksi jamur tiram melalui memaksimalkan fungsi lahan, meningkatkan kualitas jamur tiram, menjalin hubungan yang baik dengan mitra pedagang, meningkatkan pengetahuan anggota tentang bibit jamur, meningkatkan kapasitas produksi, meningkatkan kegiatan promosi, meningkatkan pemasaran produk, memaksimalkan penggunaan pestisida untuk mengatasi serangan hama dan penyakit, menjaga hubungan baik dengan para pemasok, meningkatkan fasilitas produksi, terus memperhatikan kualitas produksi jamur dengan cara pengendalian hama tepat secara terpadu, dan menjalin silaturahmi kepada sesama budi daya jamur tiram. Kata Kunci : Strategi, Pemberdayaan, Kelompok Wanita Tani, Jamur Tiram

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2308147298 . Digilib
Date Deposited: 06 Dec 2023 01:45
Terakhir diubah: 06 Dec 2023 01:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77090

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir