ANALISIS INTERAKSI SIMBOLIK UMPATAN PADA PEMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS: BANG-BANG

ALDO WIBOWO, SALIM (2023) ANALISIS INTERAKSI SIMBOLIK UMPATAN PADA PEMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS: BANG-BANG. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1265Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (794Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini hendak menyelidiki tentang Analisis Interaksi Simbolik Umpatan Pada Pemain Game Online Mobile Legends: Bang-Bang. Status topik yang hendak dikaji adalah terkait dengan terjadinya umpatan yang dilakukan oleh pemain game online Mobile Legends: Bang-Bang yang dimana memiliki perbedaan dari tujuan utama bermain game online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemain memaknai umpatan dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya umpatan pada pemain Mobile Legends: Bang-Bang. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teori interaksionisme simbolik. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi partisipatoris, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data penelitian diperoleh dari 5 informan yaitu 4 laki-laki sebagai pelaku dalam melakukan umpatan dan 1 perempuan sebagai korban dalam menerima umpatan. Penulis menggunakan teori interaksionisme simbolik Herbert Mead (1934). Hasil penemuan menunjukan bahwa pemain memaknai umpatan sebagai hal yang positif seperti memicu adanya suatu motivasi untuk membuktikan bahwa pemain yang menerima umpatan masih bisa melakukan hal yang lebih baik dari sebelumnya sehingga dapat membalikan keadaan dan sebagai hal yang negatif karena umpatan dipandang sebagai ujaran kebencian atau hinaan yang diberikan secara personal terhadap seorang pemain. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemain melakukan umpatan karena adanya faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang menjadi penyebab utama pemain melakukan umpatan adalah menaikkan bintang di ranked, win rate hero, dan match making rate (MMR) hero. Faktor eksternal yang menjadi penyebab utama pemain melakukan umpatan adalah gangguan sinyal, lingkungan bermain, dan pro-player. Kata Kunci: Interaksi Simbolik, Umpatan, Game Online, Mobile Legends: Bang-Bang This research aims to investigate the analysis of the symbolic interaction of trash-talking among players of the online game Mobile Legends: Bang-Bang. The status of the topic to be studied is related to the occurrence of trash-talking by players of the online game Mobile Legends: Bang-Bang which is different from the main purpose of playing online games. The aim of this research is to find out how players interpret trash-talking and what factors influence the occurrence of trash-talking in Mobile Legends: Bang-Bang players. The method used is qualitative with symbolic interactionism theory. Data collection methods were carried out using participatory observation techniques, in-depth interviews and documentation. Research data was obtained from 5 informants, namely 4 men as perpetrators of trash-talking and 1 woman as a victim of receiving curses. The author uses Herbert Mead's Symbolic Interactionism Theory (1934). The findings show that players interpret trash-talking as a positive thing, such as triggering a motivation to prove that players who receive trash-talking can still do things better than before so that they can turn things around and as a negative thing because trash-talking is seen as hate speech or an insult that given personally to a player. The factors that influence players to trash-talking are due to internal and external factors. The internal factors that are the main cause of players trash-talking are increasing ranked stars, hero win rate, and hero match making rate (MMR). External factors that are the main causes of players trash-talking are signal interference, playing environment, and pro-players. Keywords: Symbolic Interaction, Trash-Talking, Online Game, Mobile Legends: Bang- Bang

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2308497470 . Digilib
Date Deposited: 06 Dec 2023 04:23
Terakhir diubah: 06 Dec 2023 04:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77108

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir