Oktavianus , Verdy Ananta (2023) PEMBELAJARAN GAMELAN MENGGUNAKAN NOTASI BALOK DI SANGGAR SENI KARAWITAN SURYA PRADANGGA PAJAR MATARAM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (201Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3661Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2607Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran Gamelan menggunakan notasi balok di sanggar seni Karawitan Surya Pradangga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari pembimbing dan beberapa peserta didik yang ada di sanggar seni Karawitan Surya Pradangga. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini bersumber dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dari pembelajaran Gamelan menggunakan notasi balok di sanggar seni Karawitan Surya Pradangga menunjukan bahwa proses pembelajaran menggunakan notasi balok dilaksanakan dengan 4 proses tahapan kegiatan yaitu, persiapan, penyampaian, pelatihan, dan penampilan. Pada tahapan pertama yaitu persiapan kegiatan yang dilakukan pembina dan peserta didik mempersiapkan Gamelan yang akan digunakan dalam proses pembelajaran, serta berdoa sebelum memulai pembelajaran. Tahapan kedua yaitu penyampaian kegiatan yang dilakukan adalah pembina memberikan materi pembelajaran mulai dari dasar hingga pada inti pembelajaran diantaranya sikap duduk, cara memukul, cara membaca notasi balok, dan cara memainkan sebuah lagu. Proses selanjutnya adalah pelatihan dimana pembina secara langsung memberikan contoh kepada masing-masing peserta didik bila mengalami kesulitan. Proses yang terakhir adalah penampilan, seluruh peserta didik akan menampilkan atau membawakan lagu secara utuh yang telah dipelajari. Kata Kunci: Pembelajaran, Gamelan, dan Notasi Balok. The problem in this study was how the process of learning Gamelan using block notation in the Karawitan Surya Pradangga art studio is. This study used a descriptive qualitative method. The obtained data were from supervisors and several students in the Surya Pradangga Karawitan art studio. Data collection techniques in this study were observations, interviews, and documentation, then the data was analyzed, presented, and concluded. The result of the study showed that there are four stages of activity in the learning process using block notation: preparation, delivery, training, and performance. The first stage is preparation. In the first stage, coaches and students prepare Gamelan to be used in the learning process and pray before starting learning. The second stage is delivery. The coach provides learning material from the basics to the core of learning including sitting posture, how to hit, how to read block notation, and how to play a song. The third stage is training. In the third stage, the coach directly gives an example to each student when experiencing difficulties. The fourth stage is performance. In the fourth stage, all students show or perform the complete song they have learned. Keywords: Learning, Gamelan, and Music Symbol Notation
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Musik |
Pengguna Deposit: | 2308676719 . Digilib |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 08:32 |
Terakhir diubah: | 06 Dec 2023 08:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77142 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |