DISTRIBUSI FOSFAT DAN TUTUPAN LAMUN DI PERAIRAN TELUK PANDAN, DESA SUKAJAYA LEMPASING, KECAMATAN PADANG CERMIN, KABUPATEN PESAWARAN, PROVINSI LAMPUNG

VERONICKA , KURY DEVITA SARY (2023) DISTRIBUSI FOSFAT DAN TUTUPAN LAMUN DI PERAIRAN TELUK PANDAN, DESA SUKAJAYA LEMPASING, KECAMATAN PADANG CERMIN, KABUPATEN PESAWARAN, PROVINSI LAMPUNG. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1931Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1795Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Lamun merupakan salah satu ekosistem pesisir yang membutuhkan kualitas air yang baik, dan hal ini berpengaruh terhadap distribusi nutrien fosfat (dalam bentuk fase terlarut dan padat) di perairan pesisir. Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari konsentrasi fosfat dan hubungan fosfat pada ekosistem lamun di Pantai Way Kunjir dan Mutun. Pengukuran fosfat terlarut menggunakan metode sam askorbat dan pengukuran fosfat sedimen menggunakan metode olsen. Analisis data hubungan antara parameter perairan dan kerapatan lamun menggunakan perangkat lunak Microsoft XLSTAT berdasarkan analisis komponen utama (PCA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Pantai Way Kunjir dan Pantai Mutun terdapat tiga jenis lamun, yaitu E. acoroides, T. hemprichii, dan H. uninervis. Ekosistem lamun di Pantai Way Kunjir dan Pantai Mutun memiliki pola sebaran yang seragam. Data fosfat terlarut di Pantai Way Kunjir dan Pantai Mutun tergolong dalam kategori rendah (<0,015 ppm) karena lokasi tersebut merupakan tempat wisata, terletak di dekat permukiman penduduk dan sentra pengolahan ikan asin. Data fosfat sedimen tertinggi terdapat di Pantai Mutun sebesar 34,95 ppm yang disebabkan karena adanya aktivitas pariwisata dan perikanan. Struktur komunitas lamun di pesisir Pantai Way Kunjir dipengaruhi oleh salinitas, fosfat air dan pH, sedangkan struktur komunitas lamun di pesisir Pantai Mutun dipengaruhi oleh suhu, DO, arus, fosfat sedimen, kecerahan, dan kedalaman. Kata kunci: lamun, fosfat, zat hara.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 590 Ilmu hewan (zoologi)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Ilmu Kelautan
Pengguna Deposit: 2308565870 . Digilib
Date Deposited: 07 Dec 2023 07:20
Terakhir diubah: 07 Dec 2023 07:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77167

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir