ANIS , INDRIANI (2023) PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI AKADEMIK SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2023/2024. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3306Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3306Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah efikasi akademik siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan layanan bimbingan kelompok teknik role playing dalam meningkatkan efikasi akademik siswa kelas XI di SMA Negeri 14 Bandar Lampung tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre Eksperimental Design dengan One Group Pretest and Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah 9 siswa yang memiliki tingkat efikasi akademik yang rendah dan sedang yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala efikasi akademik. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon yang menunjukkan nilai Z yang didapat sebesar -2,670 dengan p value (Asymp. Sig. 2- tailed) sebesar 0,008 di mana kurang dari batas kritis penelitian yaitu 0,05 sehingga keputusan hipotesis adalah Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan layanan bimbingan kelompok teknik role playing dapat digunakan untuk meningkatkan efikasi akademik siswa kelas XI di SMA Negeri 14 Bandar Lampung tahun ajaran 2023/2024. Kata kunci : efikasi akademik, bimbingan kelompok, role playing. The issue in this research is students' low academic efficacy. The aim of this research is to find out the effectiveness of using role playing technique group guidance services in increasing the academic efficacy of XI grade student at SMA Negeri 14 Bandar Lampung for the 2023/2024 academic year. The research methods used is Pre Experimental Design with One Group Pretest and Posttest Design. The subjects in this research were 9 students who had low and medium levels of academic efficacy obtained through purposive sampling techniques. The data collection technique in this research uses the academic efficacy scale. The results of data analysis using the Wilcoxon test showed that the Z value obtained was -2.668 with a p value (Asymp. Sig. 2-tailed) of 0.008, which was less than the research critical limit, namely 0.05, so the hypothesis decision was Ho rejected. It means that the use of role playing technique group guidance services can be used to increase academic efficacy of class XI students at SMA Negeri 14 Bandar Lampung in the 2023/2024 academic year. Keywords: academic efficacy, group guidance, role playing.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | 2308782041 . Digilib |
Date Deposited: | 08 Dec 2023 08:20 |
Terakhir diubah: | 08 Dec 2023 08:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77206 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |