PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PPKN DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN INTELEKTUAL PESERTA DIDIK DI MTs. NURUL ISLAM AIRBAKOMAN

NUR , ANISA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PPKN DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN INTELEKTUAL PESERTA DIDIK DI MTs. NURUL ISLAM AIRBAKOMAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap tingkat kecakapan intelektual peserta didik pada mata pelajaran PPKn di MTs. Nurul Islam Airbakoman. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Ekperimental Design. Pengumpulan data pada penelitian ini yakni dengan menggunakan teknik tes angket dan observasi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik di MTs. Nurul Islam Airbakoman. Sampel penelitian ini berjumlah 52 responden yang terdiri dari 25 responden dari kelas eksperimen dan 27 responden dari kelas Kontrol. Teknik penghitungan menggunakan bantuan SPSS versi 25. Berdasrkan perhitungan uji Independent Sample test yang digunakan dalam penelitian ini bahwa terdapat pengaruh adanya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran PPKN dalam meningkatakan kecakapan intelektual peseta didik di MTs. Nurul Islam Airbakoman uang berdasarkan uji N Gain Score menunjukkan bahwa penerapan metode kooperatif tipe jigsaw memiliki nilai rata-rata (mean) untuk kelas eksperimen sebesar 57% yang dapat dikategorikan cukup efektif. Kata Kunci: Kecakapan Intelektual, Kooperatif Tipe Jigsawl, Model Pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2308490780 . Digilib
Date Deposited: 11 Dec 2023 08:30
Terakhir diubah: 11 Dec 2023 08:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77240

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir