RELASI PERTUKARAN SOSIAL ANTARA MASYARAKAT ISLAM DENGAN PARTAI POLITIK ISLAM (Studi Kasus Kelurahan Korpri Jaya, Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung)

Rafi , Maulana Ramadhan (2023) RELASI PERTUKARAN SOSIAL ANTARA MASYARAKAT ISLAM DENGAN PARTAI POLITIK ISLAM (Studi Kasus Kelurahan Korpri Jaya, Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1478Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1370Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini untuk mengungkapkan lebih banyak fakta konseptual hubunganhubungan yang menguntungkan antara masyarakat Islam dengan partai politik Islam dalam perspektif teori pertukaran sosial. Pertukaran sosial adalah teori yang berkaitan dengan tindakan sosial yang saling memberi atau bertukar objek yang mengandung nilai antar individu maupun antar kelompok. Pada pertukaran sosial terdapat unsur cost-reward-profit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus , pendekatam studi kasus dipilih karena peneliti ingin melihat fenomena di Kelurahan Korpri Jaya Kecamatan Sukarame. Kelurahan Korpri Jaya memiliki pola geografis dan pola sosiologis yang kental akan kegiatan keagamaan, tetapi pada pemilihan umum partai politik Islam mengalami kekalahan. Penelitian ini melakukan pengambilan data dengan melakukan wawancara dengan Masyarakat Islam Kelurahan Korpri Jaya dan pengurus partai politik Islam PKS dan PPP dari tingkat Kota hingga Kelurahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kekalahan partai politik Islam disebabkan pertukaran sosial yang dilakukan antara partai politik Islam dengan masyarakat Islam tidak berjalan maksimal. Partai politik Islam seperti PPP tidak berhasil membangun trust (kepercayaan) dan memberi nilai pada pertukaran sosial yang terjadi dengan masyarakat Islam. Kata kunci: Partai Politik Islam, Pertukaran Sosial, Masyarakat Islam

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2308105103 . Digilib
Date Deposited: 11 Dec 2023 08:35
Terakhir diubah: 11 Dec 2023 08:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77244

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir