PENGARUH APLIKASI FORMULASI T-MAX FP UNILA YANG MENGANDUNG ISOLAT Talaromyces sayulitensis TERHADAP TINGKAT SERANGAN PATOGEN PADA TANAMAN JAGUNG (Zea mays)

IIS, NURDAYANTI (2023) PENGARUH APLIKASI FORMULASI T-MAX FP UNILA YANG MENGANDUNG ISOLAT Talaromyces sayulitensis TERHADAP TINGKAT SERANGAN PATOGEN PADA TANAMAN JAGUNG (Zea mays). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2305Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2065Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh aplikasi T-MAX FP UNILA yang mengandung jamur Talaromyces sayulitensis terhadap keterjadian dan intensitas penyakit pada tanaman jagung. Penelitian ini dilaksanakan pada September 2022 sampai Februari 2023 di Kebun jagung di Desa Muara Putih, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari lima perlakuan dosis T-MAX FP UNILA dan lima kali ulangan. Perlakuan tersebut adalah P0 (kontrol), P1 (aplikasi T-MAX FP UNILA 50 g), P2 (aplikasi T-MAX FP UNILA 75 g), P3 (aplikasi T-MAX FP UNILA 100 g), dan P4 (aplikasi pupuk NPK 360 g). Pada penelitian ini ditemukan 3 penyakit yaitu hawar daun yang disebabkan oleh Helminthosporium sp., karat daun yang disebabkan oleh Puccinia sp., dan bulai yang disebabkan oleh Peronosclerospora sp. Hasil penelitian menunjukan bahwa formulasi T-MAX FP UNILA yang diaplikasikan dengan dosis 100 g dan 75 g menunjukan bahwa tingkat serangan penyakit hawar daun memiliki hasil yang lebih rendah dibandingkan dengan perlakuan lain dan kontrol, hal tersebut menunjukan bahwa T. sayulitensis mampu menekan penyakit hawar daun, namun tidak untuk penyakit karat daun dan penyakit bulai. Kata kunci : formulasi, jagung, patogen, Talaromyces sayulitensis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 2308639147 . Digilib
Date Deposited: 13 Dec 2023 04:08
Terakhir diubah: 13 Dec 2023 04:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77301

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir