PENGGUNAAN FILM HOLLYWOOD OLEH PEMERINTAH AMERIKA SERIKAT DALAM PENGGAMBARAN CITRA MILITER TAHUN 2016- 2022

AMANDA, SALSABILA (2023) PENGGUNAAN FILM HOLLYWOOD OLEH PEMERINTAH AMERIKA SERIKAT DALAM PENGGAMBARAN CITRA MILITER TAHUN 2016- 2022. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1686Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penggunaan film Hollywood sebagai alat branding militer Amerika Serikat telah digunakan sejak periode Perang Dunia II. Keunggulan yang dimiliki film Hollywood dalam menyebarkan pengaruh dan membentuk opini publik menjadi alasan militer Amerika Serikat memilih film Hollywood sebagai alat branding. Melalui branding yang dilakukan, Amerika Serikat berupaya untuk memproyeksikan citra exceptional invincibility yang divisualisasikan melalui alur film dan juga proyeksi kekuatan akan kepemilikan perlengkapan militer Amerika Serikat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penggunaan film Hollywood oleh pemerintah Amerika Serikat dalam menggambarkan citra militer tahun 2016-2022. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini ialah nation branding oleh Keith Dinnie dan soft power oleh Joseph Nye. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis dan didukung data sekunder yang berasal dari website resmi Departemen Pertahanan Amerika Serikat, doktrin DoDI 5410.16, publikasi jurnal, dan sumber daring. Dari penelitian ini, dihasilkan temuan dalam upaya nation branding penggambaran citra militer melalui penggunaan film Hollywood, DoD banyak melakukan intervensi di setiap proses produksi film. Intervensi ini didukung dengan pengesahan Military-Entertainment Complex (MEC) sebagai bagian kerja sama militer dengan media hiburan. Untuk memastikan MEC berdampak positif pada penggambaran citra militer, DoD kembali mengesahkan doktrin DoDI 5410.16 yang menjadi alat kontrol militer terhadap media. Terakhir, peneliti menemukan penggambaran citra yang diproyeksikan melalui film Hollywood secara garis besar berdasar pada citra exceptional invincibility yang selalu diproyeksikan oleh militer Amerika Serikat sejak Perang Dunia II. Kata kunci : Film Hollywood, Amerika Serikat, DoD, Branding, Citra

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi S1-Hubungan Internasional
Pengguna Deposit: 2308566604 . Digilib
Date Deposited: 13 Dec 2023 03:54
Terakhir diubah: 13 Dec 2023 03:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77307

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir