PERAN TIM PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING DESA DALAM MEMBANGUN DESA ANTI STUNTING (Studi Desa Cipadang Kecamatan GedongTataan Kabupaten Pesawaran )

Amelia , Andila Putri (2023) PERAN TIM PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING DESA DALAM MEMBANGUN DESA ANTI STUNTING (Studi Desa Cipadang Kecamatan GedongTataan Kabupaten Pesawaran ). fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, universitas lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img] File PDF
TA FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2358Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TA TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2067Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan aktor, bentuk program dan analisis Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats (SWOT) pelaksanaan program percepatan penurunan stunting dalam membangun desa anti stunting di Desa Cipadang Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan informan aparat Desa Cipadang, Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Desa Cipadang, dan masyarakat Desa Cipadang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pemetaan aktor percepatan penurunan stunting itu terdiri dari aparat desa, Tim Pendamping Keluarga (TPK) dan bidang pengolahan data. Adapun bentuk program percepatan penurunan stunting yaitu Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS), Pemberian Makanan Tambahan (PMT), Posyandu, pendampingan, pemberian tablet penambah darah, rembuk stunting dan program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA). Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya penurunan angka stunting dengan jumlah 34 anak menjadi 25 anak pada Februari 2023. Adapun ditemukan perubahan perilaku masyarakat, seperti kesadaran membuang sampah pada tempatnya melalui kegiatan pendampingan dan edukasi oleh TPPS desa. Analisis SWOT menunjukkan aspek Strengths yaitu terdapat program yang terlembaga, solidaritas dan sikap empati anggota TPPS tinggi, partisipasi masyarakat. Weaknesses yaitu minimnya pengetahuan masyarakat, minimnya sarana dan prasarana dan kurangnya tenaga kesehatan. Opportunities yaitu adanya jaminan kesehatan, kebijakan pemerintah terkait stunting, upaya pendampingan dan tersedia dana desa. Threats yaitu tingginya angka pernikahan dini, kebiasaan buruk buang air besar dan rendahnya kualitas Pola Hidup Bersih Sehat. Kata Kunci :TPPS, Desa, Program Percepatan Penurunan Stunting

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2308366527 . Digilib
Date Deposited: 14 Dec 2023 04:35
Terakhir diubah: 14 Dec 2023 04:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77326

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir