Tazkya , Aulia Rahma (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS CASE METHOD TERHADAP KETERAMPILAN CRITICAL THINKING DAN KOLABORASI SISWA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf Download (84Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1327Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1088Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Keterampilan critical thinking dan kolaborasi merupakan keterampilan yang termasuk ke dalam point paradigma pembelajaran abad 21 yang perlu dikembangkan. Selain itu, dalam penerapan pembelajaran biologi (IPA) siswa juga dituntut untuk memiliki keterampilan critical thinking yang akan bermanfaat bagi siswa untuk memecahkan permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran serta kolaborasi yang bermanfaat untuk merangsang perkembangan pengetahuan konseptual bersama. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat sebagai wadah untuk mengembangkan keterampilan critical thinking dan kolaborasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Group Investigation (GI) berbasis case method dalam meningkatkan keterampilan critical thinking dan kolaborasi siswa di MAN 1 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen. Adapun sampel yang digunakan di dalam penelitian ini berjumlah 71 orang yang terbagi menjadi kelas XI MIA 3 (35 orang) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 7 (36 orang) sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Kelas eksperimen menggunakan model Group Investigation (GI) berbasis case method, sedangkan kelas kontrol menggunakan model discovery. Data keterampilan critical thinking didapatkan dari hasil pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan teknik analisis Independent Sample T-test dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic Version 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 0,05 didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 dengan rata- rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,57 kategori “Sedang” lebih tinggi dibandingkan dengan hasil dari kelas kontrol yaitu sebesar 0,37 kategori “Sedang”. Kemudian, hasil perhitungan kolaborasi kelas eksperimen juga meningkat lebih tinggi setelah perlakuan dengan rata-rata 83,05 kategori “Sangat Baik” dibandingkan dengan peningkatan kelas kontrol sebesar 71,85 kategori “Baik”. Selain itu, dilakukan pula uji pengaruh (effect size) terhadap keterampilan critical thinking yang menunjukkan nilai 1,21 berkategori “Tinggi”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Group Investigation (GI) berbasis case method berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan keterampilan critical thinking dan kolaborasi siswa.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2308207521 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 04:13 |
Terakhir diubah: | 15 Dec 2023 04:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77402 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |