IDENTIFIKASI, KARAKTERSISASI, DAN UJI KISARAN INANG PENYEBAB PENYAKIT BUSUK BATANG TANAMAN SORGUM (Sorghum bicolor (L.) Moench)

DITA , OKTAVIANI (2023) IDENTIFIKASI, KARAKTERSISASI, DAN UJI KISARAN INANG PENYEBAB PENYAKIT BUSUK BATANG TANAMAN SORGUM (Sorghum bicolor (L.) Moench). FAKULTAS PRTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (143Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3890Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2350Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter dan identitas penyebab busuk batang tanaman sorgum dan mengetahui kemampuan patogen untuk menginfeksi tanaman lain selain tanaman sorgum. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus tahun 2022 Laboratorium Bioteknologi Pertanian Universitas Lampung menerima sampel tanaman sorgum yang menunjukkan gejala busuk pada bagian batang. Sebanyak dua isolat bakteri (SM1.2 dan SM1.3) dan delapan isolat jamur (S1, S2, S3, S4, S5, S6, S7, S8) yang diduga menjadi penyebab busuk batang berhasil diisolasi dari bagian tanaman yang bergejala. Hasil uji biokimia memperlihatkan bahwa kedua isolat bakteri yang didapatkan merupakan kelompok gram negatif, bersifat fermentatif, lechitinase positif, soft rot positif, hipersensitif positif, tidak berpendar pada media King’s B, casein positif, serta mampu menggunakan D-tartrate, Sodium L-glutamat,M-tartrate, Citric acid monohydrate, Tri sodium citrate dihydrate, Mannitol dan Glycerol sebagai sumber karbonnya. Isolat SM1.2 bersifat arginine dihydrolase positif, sedangkan isolat SM1.3 bersifat arginine dihydrolase negatif dan mampu tumbuh pada suhu 39°C dan 40°C. Berdasarkan hasil analisis sekuens 16SrDNA menunjukan bahwa isolat bakteri tersebut berada dalam kelompok Dickeya zeae. Berdasarkan hasil uji kisaran inang menunjukan bahwa kedua isolat bakteri tersebut mampu menyebabkan gejala busuk pada lunak pada seledri, wortel, lidah buaya, sawi putih, kubis, pakcoy, lobak, timun, gambas, pare, buncis, daun bawang, bawang merah, bawang putih, cabai merah, paprika, tomat, terung, kacang panjang, dan okra. Untuk isolat jamur hasil analisis sekuns TEF menunjukan bahwa isolat jamur tersebut berada dalam kelompok Fusarium verticillioides. Kata kunci: busuk batang jagung, karakterisasi dan identifikasi, Sorghum bicolor

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Proteksi Tanaman
Pengguna Deposit: 2308263253 . Digilib
Date Deposited: 15 Dec 2023 03:57
Terakhir diubah: 15 Dec 2023 03:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77405

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir