EKSPLORASI, ISOLASI, DAN IDENTIFIKASI JAMUR PADA RIZOSFER TANAMAN JERUK (Citrus reticulate L.) DI SENTIKO FARM KABUPATEN PESAWARAN

Syifaa , Nasywaa Lestari (2023) EKSPLORASI, ISOLASI, DAN IDENTIFIKASI JAMUR PADA RIZOSFER TANAMAN JERUK (Citrus reticulate L.) DI SENTIKO FARM KABUPATEN PESAWARAN. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2223Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1811Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Jamur rizosfer dapat dimanfaatkan sebagi agen hayati, dimana jamur ini memiliki aktivitas antagonis terhadap jamur patogen dan kemampuannya menginduksi ketahanan tanaman terhadap penyakit dan dapat menyuburkan tanaman. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Bioteknologi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung dan Sentiko Farm bulan Maret hingga September 2023. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keragaman, identitas, dan karakter jamur rizosfer tanaman jeruk. Metode yang digunakan adalah eksplorasi, identifikasi morfologi, uji pertumbuhan isolat, uji hipovirulen, dan uji antagonis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dua genus jamur rizosfer yang dapat teridentifikasi, yaitu genus jamur Trichoderma sp. dan jamur Aspergillus sp. Kelompok jamur Trichoderma dengan kode isolat A1.1, A1,2, dan D1.1. Genus Aspergillus sp. yang ditemukan dengan kode isolat B1.1 dan D1.2. Berdasar hasil uji hipovirulen janur Trichoderma sp. bersifat non patogen dengan nilai DSI<2. Sedangkan, terdapat satu isolat Aspergillus sp. yang memiliki nilai DSI>2. Berdasarkan hasil uji antagonis menunjukkan bahwa kelima isolat mampu menekan pertumbuhan jamur patogen tanaman jeruk Botryodiplodia theobromae. Kata Kunci: Aspergillus sp., jamur, rizosfer, jeruk. Trichoderma sp.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Proteksi Tanaman
Pengguna Deposit: 2308630855 . Digilib
Date Deposited: 15 Dec 2023 04:04
Terakhir diubah: 15 Dec 2023 04:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77408

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir