ANALISIS KEANDALAN SISTEM JARINGAN DISTRIBUSI 20KV PT.PLN (PERSERO) UP3 METRO DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY NETWORK EQUIVALENT APPROACH (RNEA)

ABDULLAH, AZZAM (2023) ANALISIS KEANDALAN SISTEM JARINGAN DISTRIBUSI 20KV PT.PLN (PERSERO) UP3 METRO DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY NETWORK EQUIVALENT APPROACH (RNEA). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (anyone)
ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF (registered staff only)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3096Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (anyone)
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1798Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kualitas keandalan jaringan distribusi sangat penting dalam menentukan kinerja sistem distribusi tenaga listrik. Dalam suatu jaringan distribusi, kualitas keandalan dapat dilihat dari lamanya pemadaman listrik dan seberapa sering terjadinya pemadaman listrik dalam kurun waktu tertentu. Sistem distribusi tentunya memiliki nilai keandalan, dimana indeks-indeks keandalan yang digunakan untuk menghitung nilai keandalan yaitu SAIDI dan SAIFI. Metode yang digunakan dalam menghitung indeks keandalan pada tugas akhir ini adalah menggunakan metode Reliability Netwok Equivalent Appoach (RNEA), dimana prinsip utama dari metode RNEA adalah elemen ekuivalen dapat digunakan untuk mengganti bagian jaringan distribusi dan menyusun kembali sistem distribusi yang besar ke dalam bentuk seri dan sederhana. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis pada penyulang Stroberi dan penyulang Nila, didapatkan nilai indeks keandalan untuk penyulang Stroberi yaitu, nilai SAIDI sebesar 9,2718 dan nilai SAIFI sebesar 3,0055. Penyulang Nila diperoleh nilai indeks keandalan SAIDI sebesar 13,8186 dan SAIFI sebesar 4,44104. Dengan demikian penggunaan metode RNEA yang mereduksi load point dapat diterapkan pada penyulang Stroberi dan penyulang Nila.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Elektro
Pengguna Deposit: 2308336067 . Digilib
Date Deposited: 15 Dec 2023 06:49
Terakhir diubah: 15 Dec 2023 06:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77431

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir