PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SENSOR SMARTPHONE (PHYSICS TOOLBOX SENSOR SUITE) PADA MATERI GERAK HARMONIS SEDERHANA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

ZULFANI , NADIA AGUSTINA (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SENSOR SMARTPHONE (PHYSICS TOOLBOX SENSOR SUITE) PADA MATERI GERAK HARMONIS SEDERHANA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2789Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2353Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kemampuan berpikir kritis di Indonesia tergolong masih rendah. Pembelajaran yang diterapkan di sekolah belum menekankan pada kemampuan menganalisis dan masih menerapkan teacher center. Adanya penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model discovery learning berbantuan sensor smartphone (physics toolbox sensor suite) pada materi gerak harmonis sederhana terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menerapkan desain penelitian Quasi Eksperimental jenis Non-Equivalent Control Group Design yang melibatkan 58 peserta didik kelas X IPA SMA. Kelompok eksperimen menerapkan model Discovery Learning berbantuan physics toolbox sensor suite sedangkan kelompok kontrol menerapkan model Discovery Learning secara konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model Discovery Learning berbantuan physics toolbox sensor suite dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,00 artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil uji Effect Size sebesar 0,74 menunjukkan bahwa model Discovery Learning berbantuan physics toolbox sensor suite berpengaruh sedang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Peningkatan kemampuan berpikir kritis paling signifikan terdapat pada indikator analisis bernilai 0,80 dan evaluasi bernilai 0,76. Kata kunci : Discovery Learning, Physics Toolbox Sensor Suite, Kemampuan Berpikir Kritis, Gerak Harmonis Sederhana

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308914427 . Digilib
Date Deposited: 15 Dec 2023 07:57
Terakhir diubah: 15 Dec 2023 07:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77453

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir