PENGEMBANGAN ASESMEN PORTOFOLIO UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

M KHAIRU , RIZAL (2023) PENGEMBANGAN ASESMEN PORTOFOLIO UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2352Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1827Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan asesmen portofolio yang valid dan efektif untuk mengukur kemampuan komunikasi dan kolaborasi peserta didik kelas V sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D), pengembangan dilakukan mengacu pada teori Borg & Gall. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Gugus Hang Tuah Kecamatan Dente Teladas Kabupaten Tulang Bawang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian uji validasi materi diperoleh nilai 91,12 (sangat valid), penilaian uji validasi evaluasi diperoleh nilai 90,00 (sangat valid), penilaian uji validasi bahasa diperoleh nilai 97,87 (sangat valid), hasil penilaian validasi para ahli dan praktisi menunjukkan bahwa asesmen yang dikembangkan valid untuk digunakan. Hasil pengembangan asesmen portofolio teruji secara efektif untuk mengukur kemampuan komunikasi dan kolaborasi peserta didik. Analisis uji validitas instrumen kemampuan komunikasi dan kolaborasi menggunakan korelasi product moment diperoleh bahwa 13 penugasan valid dengan 11 penugasan kategori derajat tinggi, 2 penugasan kategori derajat cukup kuat. Uji Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Berdasarkan hasil uji reliabilitas, diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,872 untuk kemampuan komunikasi dan 0,880 untuk kemampuan kolaborasi dinyatakan reliabel dengan derajat reliabilitas sangat tinggi. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa asesmen portofolio yang dikembangkan valid, dan efektif digunakan bagi guru untuk mengukur kemampuan komunikasi dan kolaborasi peserta didik. Kata kunci: Asesmen Portofolio, Kolaborasi dan Komunikasi. This research aims to produce a valid and effective portfolio assessment to measure the communication and collaboration skills of class V school students. This research is a type of Research and Development (R&D) research, development is carried out referring to Borg & Gall's theory. The population of this study was students of class V at Gugus Hang Tuah Elementary School, Dente Teladas District, Tulang Bawang Regency. The results of this research show that the material validation test assessment obtained a value of 91.12 (very valid), the evaluation validation test assessment obtained a value of 90.00 (very valid), the language validation test assessment obtained a value of 97.87 (very valid), the results of the validation assessment experts and practitioners indicate that the assessments developed are valid for use. The results of the portfolio assessment development have been tested effectively to measure students' communication and collaboration skills. Analysis of the validity test of the communication and collaboration ability instrument using product moment correlation showed that 13 assignments were valid with 11 assignments in the high degree category, 2 assignments in the quite strong degree category. The instrument reliability test is calculated using the Cronbach's Alpha formula. Based on the results of the reliability test, a reliability coefficient of 0.872 for communication skills and 0.880 for collaboration skills was declared reliable with a very high degree of reliability. The conclusion of this research shows that the portfolio assessment developed is valid and effective for teachers to use to measure students' communication and collaboration skills. Keywords: Collaboration and Communication, Portfolio Assessment.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2308072467 . Digilib
Date Deposited: 18 Dec 2023 00:36
Terakhir diubah: 18 Dec 2023 00:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77458

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir