APLIKASI AGENSIA HAYATI UNTUK MENGHAMBAT PENYAKIT HAWAR DAUN BAKTERI DAN MENINGKATKAN PERTUMBUHAN TANAMAN PADI (Oryza sativa L.)

SUCI , AULIA HERSAPUTRI (2023) APLIKASI AGENSIA HAYATI UNTUK MENGHAMBAT PENYAKIT HAWAR DAUN BAKTERI DAN MENINGKATKAN PERTUMBUHAN TANAMAN PADI (Oryza sativa L.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1702Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1443Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Salah satu permasalahan yang mengakibatkan turunnya produksi padi adalah penyakit hawar daun bakteri yang disebabkan oleh Xanthomonas oryzae. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh agensia hayati Streptomyces hygroscopicus subsp. hygroscopicus, Trichoderma sp., Paenibacillus polymyxa terhadap pertumbuhan Xanthomonas oryzae secara in vitro, masa inkubasi, keparahan penyakit, serta pertumbuhan tanaman padi (tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah anakan, panjang akar, bobot tanaman). Penelitian ini dilaksanakan pada Februari sampai Agustus 2023, yang terdiri dari pengujian secara in vitro dan in planta. Perlakuan pada uji in vitro disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL), yang terdiri dari 5 perlakuan dengan 4 ulangan, pada uji in planta juga digunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dengan 5 ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua perlakuan agensia hayati secara sangat nyata menghambat pertumbuhan X. oryzae. Perlakuan S. hygroscopicus subsp. hygroscopicus menghasilkan diameter zona penghambatan yang terbesar pada 5 HSI yaitu 24,3 mm, dibandingkan dengan perlakuan lainnya. Hasil uji in planta menunjukkan bahwa perlakuan S. hygroscopicus subsp. hygroscopicus dapat memperpanjang masa inkubasi, menekan keparahan penyakit, namun tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan tanaman padi. Perlakuan Trichoderma sp. mampu meningkatkan tinggi tanaman, panjang akar, bobot basah akar dan bobot kering akar tanaman padi, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap parameter pengamatan lainnya. Perlakuan P. polymyxa mampu meningkatkan jumlah daun, jumlah anakan, bobot basah tajuk, dan bobot kering tajuk, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap parameter pengamatan lainnya. Kata kunci : hawar daun bakteri padi, Paenibacillus polymyxa, Streptomyces hygroscopicus subsp. hygroscopicus, Trichoderma sp., Xanthomonas oryzae.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 580 Tumbuh-tumbuhan, tanaman, botani, flora
600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Proteksi Tanaman
Pengguna Deposit: 2308708328 . Digilib
Date Deposited: 15 Dec 2023 06:57
Terakhir diubah: 15 Dec 2023 06:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77482

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir