HUBUNGAN USIA, PENDIDIKAN, DAN STATUS PARITAS IBU HAMIL DENGAN PENGETAHUAN MENGENAI ANESTESI SPINAL SECTIO CAESAREA DI RSD Dr. A. DADI TJOKRODIPO TAHUN 2023

Farah, Adelia Adikusumah (2023) HUBUNGAN USIA, PENDIDIKAN, DAN STATUS PARITAS IBU HAMIL DENGAN PENGETAHUAN MENGENAI ANESTESI SPINAL SECTIO CAESAREA DI RSD Dr. A. DADI TJOKRODIPO TAHUN 2023. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (700Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2460Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2272Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Persalinan dengan metode sectio caesarea meningkat sebanyak 10% selama satu dekade terakhir di Indonesia. Sectio caesarea tentunya tidak terlepas dari anestesi (bius). Karena manfaat dan kemudahannya, anestesi spinal menjadi teknik pembiusan yang paling sering digunakan pada persalinan sectio caesarea. Ibu dibawah pengaruh anestesi spinal akan tetap dalam keadaan sadar sehingga dapat merespons lingkungan. Dengan memiliki pengetahuan seputar anestesi spinal, ibu diharapkan tetap tenang sehingga proses persalinan berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan usia, pendidikan, dan status paritas ibu hamil dengan tingkat pengetahuan anestesi spinal sectio caesarea. Metode: Penelitian ini menggunakan desain analitik observasional dengan perdekatan cross sectional, serta menggunakan data primer. Teknik yang digunakan adalah consecutive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 83 orang yang lalu disesuaikan dengan kriteria inklusi dan eksklusi, sehingga didapatkan sampel sebanyak 79 orang. Data diperoleh melakukan pengisian kuesioner. Data diolah menggunakan uji Chi- Square dan Kruskal-Wallis (apabila tidak memenuhi syarat). Hasil: Dalam penelitian ini didapatkan sampel sebanyak 79 orang. Hasil uji bivariat menunjukkan tidak terdapat hubungan usia ibu hamil dengan tingkat pengetahuan anestesi spinal sectio caesarea (p=0,640) dan terdapat hubungan pendidikan (p=0,002) dan status paritas (p=0,000) ibu hamil dengan tingkat pengetahuan anestesi spinal sectio caesarea. Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan usia ibu hamil dengan tingkat pengetahuan anestesi spinal sectio caesarea. Terdapat hubungan pendidikan dan status paritas ibu hamil dengan tingkat pengetahuan anestesi spinal sectio caesarea.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2308852528 . Digilib
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:41
Terakhir diubah: 18 Dec 2023 01:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77492

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir