POPULASI DAN BIOMASSA CACING TANAH AKIBAT APLIKASI BIOCHAR DAN KOTORAN AYAM DI TANAH ULTISOL PADA PERTANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) MUSIM TANAM KE-3

DANANG , ARJUANA (2023) POPULASI DAN BIOMASSA CACING TANAH AKIBAT APLIKASI BIOCHAR DAN KOTORAN AYAM DI TANAH ULTISOL PADA PERTANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) MUSIM TANAM KE-3. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (182Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKIRPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3556Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tanah Ultisol memiliki permasalahan bahan organik tanah dan unsur hara rendah sehingga membuat kesuburan tanah menjadi rendah. Tinggi atau rendahnya populasi dan biomassa cacing tanah menjadi salah satu indikator tingkat kesuburan suatu tanah. Upaya untuk meningkatkan kesuburan tanah dapat dilakukan dengan cara pemberian biochar dan kotoran ayam. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh aplikasi biochar dan kotoran ayam terhadap populasi dan biomassa cacing tanah dan mempelajari korelasi antara populasi dan biomassa cacing tanah dengan suhu tanah, C-organik tanah, kadar air tanah, pH tanah, dan komponen produksi tanaman jagung. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial dengan 4 kelompok dan 4 perlakuan yaitu, B0 = kontrol, B1 = biochar 5 ton ha-1 , B2 = kotoran ayam 5 ton ha-1 , dan B3 = biochar 5 ton ha-1 + kotoran ayam 5 ton ha-1. Data dianalisis dengan analisis ragam, dilanjutkan dengan uji BNT 5% dan menggunakan diagram boxplot untuk melihat sebaran data populasi dan biomassa cacing tanah, serta dilakukan uji korelasi antara populasi dan biomassa cacing tanah dengan variabel pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi biochar dan kotoran ayam tidak berpengaruh nyata terhadap populasi dan biomassa cacing tanah pada seluruh waktu pengamatan. Terdapat korelasi negatif antara kadar air tanah dengan populasi cacing tanah dan suhu tanah dengan biomassa cacing tanah. Terdapat korelasi positif antara pH tanah dengan populasi dan biomassa cacing tanah, namun tidak terdapat korelasi antara populasi dan biomassa cacing tanah dengan komponen produksi tanaman jagung. Hasil menunjukkan bahwa jenis cacing yang ditemukan pada lahan penelitian terdiri dari dua famili, yaitu Megascolecidae dan Glossoscolecidae. Kata kunci : biochar, cacing tanah, jagung, kotoran ayam.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Ilmu Tanah
Pengguna Deposit: 2308510153 . Digilib
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:10
Terakhir diubah: 18 Dec 2023 02:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77494

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir