PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS 1 SDN 1 LANGKAPURA KECAMATAN KEMILING a BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010-2011

Djauhari, SAFRIDA ARIYANI (2011) PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS 1 SDN 1 LANGKAPURA KECAMATAN KEMILING a BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010-2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (214Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (217Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (281Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (630Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (234Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (262Kb)

Abstrak

Berdasarkan pengamatan yang di lakukan peneliti pada siswa kelas 1 SDN 1 Langkapuran Kecamatan Kemiling Bandar lampung, pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru masih banyak yang tidak menciptakan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar, untuk meningkatkan prestasi hasil belajar siswa diperlukan cara yang tepat, di antaranya metode demonstrasi. Yang mana dengan metode demonstrasi yang di lakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar pada siswa kelas 1 dapat meningkatkan aktivitas yang akhirnya terjadi peningkatan terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPA. Penelitian yang di lakukan terdiri dari dua siklus terdiri dari satu siklus terdapat dua pertemuan yang memiliki empat kegiatan pokok yaitu perencanaan pelaksanaan, pengamatan dan Refleksi. Pada siklus 1 pertemuan pertama keaktifan siswa mencapai 55% dengan prestasi hasil belajar rata-rata 7,14, naik 4,9% dari Pra penelitian sebesar 6,65. Siklus 1 pertemuan kedua prestasi siswa meningkat menjadi rata-arata 7,51. Hal ini menunjukkan kenaikan prestasi hasil belajar siswa pada siklus 1. Pada akhir siklus, semua siswa meningkat pada aktivitas dan parestasinya, yang mana sikluis II pertemuan pertama prestasi siswa rata-rata 7,83 dan meningkat menjadi rata-rata 8,28 pada siklus II pertemuan kedua. Pada siklus ketiga pertemuan pertama, rata-rata prestasi siswa 8,34 terjadi kenaikan dari siklus kedua. Pada pertemuan kedua siklus ketiga prestasi siswa rata-rata menjadi 8,83. Hal ini membuktikan bahwa penelitian pada siklus I, II, dan III berhasil, dalam melakukan tinkadan: 1. Siswa aktif dalam proses belajar 2. Kegiatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. 3. Adanya peningkatan hasil belajar siswa 4. Melaksankan metode demonstrasi dengan baik dalam pembelajaran Kata kunci: metode demonstrasi, aktivitas dan prestasi hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 28 Jan 2014 04:31
Last Modified: 28 Jan 2014 04:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/775

Actions (login required)

View Item View Item