KARAKTERISASI BIOLOGI, DETEKSI MOLEKULER DAN IDENTIFIKASI BEGOMOVIRUS YANG MENGINFEKSI TANAMAN PEPAYA (Carica papaya L.)

LIONITA , DEWI (2023) KARAKTERISASI BIOLOGI, DETEKSI MOLEKULER DAN IDENTIFIKASI BEGOMOVIRUS YANG MENGINFEKSI TANAMAN PEPAYA (Carica papaya L.). FAKULTAS PERTANIAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter biologi Begomovirus yang menginfeksi tanaman pepaya, mendeteksi secara molekuler Begomovirus yang menginfeksi tanaman pepaya menggunakan universal primer SPG1/SPG2, mengidentifikasi dan mengetahui variasi genetik Begomovirus yang menginfeksi tanaman pepaya asal Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Survey lapangan telah dilakukan dan ditemukan gejala yang diduga sebagai infeksi Begomovirus yaitu mosaik kuning dan malformasi daun serta gejala kerdil pada areal budidaya pepaya di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Deteksi berdasarkan sekuen asam nukleat virus menunjukkan hasil positif Begomovirus dengan pita DNA tampak berukuran ± 900 bp. Analisis keragaman genetik Begomovirus dibuat berdasarkan pengurutan nukleotida langsung dan dikonfirmasi oleh program BLAST. Hasil filogenetik menunjukkan bahwa Begomovirus isolat Pesawaran dari sampel pepaya memiliki common acestor yang sama dengan Ageratum yellow vein virus (AYVV) isolat Yunan dengan nilai bootstrap yaitu 72%. Berdasarkan analisis homologi, Begomovirus isolat Pesawaran memiliki kesamaan genetik dengan AYYV isolat Yunan, yaitu sebesar 94%. Sehingga, Begomovirus isolat Pesawaran memiliki kekerabatan dekat dengan AYVV isolat Yunan, China. Hasil uji patogenisitas pada tanaman pepaya, cabai merah keriting dan terung ungu menunjukkan hasil positif berupa munculnya gejala penyakit dengan masa inkubasi rata-rata 10-56 hari setelah inokulasi. Kata kunci: Begomovirus, deteksi molekuler, karakter biologi, pepaya

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 580 Tumbuh-tumbuhan, tanaman, botani, flora
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Proteksi Tanaman
Pengguna Deposit: 2308081996 . Digilib
Date Deposited: 18 Dec 2023 03:25
Terakhir diubah: 18 Dec 2023 03:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77515

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir