ANALISIS KONFLIK JALINAN LALU LINTAS TERHADAP TUNDAAN PERJALANAN DENGAN METODE GAP ACCEPTANCE (STUDI KASUS: JL. ZA. PAGAR ALAM – JL. KOPI)

M. Ivan, Aldino (2023) ANALISIS KONFLIK JALINAN LALU LINTAS TERHADAP TUNDAAN PERJALANAN DENGAN METODE GAP ACCEPTANCE (STUDI KASUS: JL. ZA. PAGAR ALAM – JL. KOPI). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (217Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3296Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pada Jalan ZA. Pagar Alam terdapat weaving kendaraan dari Jalan Kopi ke Jalan Sumantri Brojonegoro pada saat jam sibuk terutama pagi hari dan sore hari menyebabkan antrian kendaraan yang panjang akibat volume kendaraan yang padat dan waktu tundaan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis ingin melakukan penelitian di persimpangan di Jalan ZA. Pagar Alam – Jalan Kopi – Jalan Sumantri Brojonegoro. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis waktu lama tundaan pada Jalan ZA. Pagar Alam dan mengetahui tingkat pelayanan persimpangan pada Jalan ZA. Pagar Alam. Penelitian ini menggunakan metode gap acceptance untuk mengetahui rata-rata nilai gap diterima dan gap ditolak. Nilai gap diterima digunakan untuk mendapatkan nilai tundaan dan untuk nilai tundaan digunakan untuk mendapatkan hasil tingkat pelayanan. Hasil penelitian ini mendapatkan nilai rata-rata tundaan kondisi eksisting dengan menganalisis secara manual yaitu sebesar 33,85 detik dan 24,45 detik dan nilai tundaan kondisi eksisting dengan menganalisis menggunakan aplikasi vissim yaitu sebesar 20,52 detik dan didapatkan tingkat pelayanan D. Untuk meningkatkan tingkat pelayanan dibuat simulasi perubahan rute di Jl. Kopi yang hanya boleh masuk kendaraan dari Jl. ZA. Pagar Alam. Selanjutnya disimulasikan di vissim dan didapatkan nilai tundaan sebesar 1,05 detik yang membuat tingkat pelayanan meningkat menjadi A. Kata kunci: Simpang, Gap Acceptance, Tundaan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil
Pengguna Deposit: 2308464093 . Digilib
Date Deposited: 19 Dec 2023 01:34
Terakhir diubah: 19 Dec 2023 01:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77584

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir