PENGEMBANGAN E-MODULE INTERAKTIF BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ExPRession BERBANTUAN BOOK CREATOR UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI

Eliezer , Parulian Panjaitan (2023) PENGEMBANGAN E-MODULE INTERAKTIF BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ExPRession BERBANTUAN BOOK CREATOR UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2403Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1503Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini merupakan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan emodule berbasis model pembelajaran ExPRession untuk melatihkan kemampuan berpikir komputasi. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian design and development research (DDR). Dasar penilaian dari uji validitas, uji kepraktisan yang terdiri dari uji keterbacaan, uji respon peserta didik, dan uji respon peserta didik, lalu uji keefektifan yang terdiri dari uji normalitas, n-gain, dan uji independent sample t-test. Hasil uji validitas diperoleh skor sebesar 3,40 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh rata-rata skor untuk uji keterbacaan sebesar 88% dengan kategori sangat terbaca, uji respon peserta didik sebesar 85% dengan kategori sangat baik, dan uji persepsi guru sebesar 91% dengan kategori sangat baik. Maka uji kepraktisan diperoleh skor rata-rata 88% dengan kategori sangat praktis. Terakhir, hasil uji keefektifan dapat dilihat dari skor hasil n-gain dan uji independent sample t-test, berdasarkan hasil uji n-gain diperoleh skor pada kelas eksperimen sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Dan hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,003 yang berarti terdapat perbedaan kemampuan berpikir komputasi peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan e-modul interaktif berbasis model pembelajaran ExPRession. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif berbasis model pembelajaran ExPRession berbantuan book creator untuk melatihkan kemampuan berpikir komputasi efektif digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci : e-modul, kemampuan berpikir komputasi, model pembelajaran ExPRession

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308129386 . Digilib
Date Deposited: 19 Dec 2023 08:01
Terakhir diubah: 19 Dec 2023 08:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77690

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir