ANALISIS SENSITIVITAS APROKSIMASI AMPLITUDE VARIATION WITH ANGLE (AVA) TERHADAP RESERVOAR HIDROKARBON BATUPASIR TERSATURASI IMPURITIES PADA LAPANGAN “GEMURUH” CEKUNGAN SUMATERA SELATAN

M. Daffa Hafizh, Alfasa (2023) ANALISIS SENSITIVITAS APROKSIMASI AMPLITUDE VARIATION WITH ANGLE (AVA) TERHADAP RESERVOAR HIDROKARBON BATUPASIR TERSATURASI IMPURITIES PADA LAPANGAN “GEMURUH” CEKUNGAN SUMATERA SELATAN. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (149Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Lapangan “GEMURUH” merupakan salah satu lapangan hidrokarbon yang terletak pada Sub-Cekungan Jambi, Cekungan Sumatera Selatan. Reservoar pada lapangan ini sebagian besar merupakan reservoar gas tersaturasi impurities karbondioksida yang tersisipkan pada Formasi Lower Talangakar dengan lingkungan pengendapan coastal-deltaic, fluvial-meandering, fluvial-braided. Kehadiran impurities dalam reservoar hidrokarbon dapat memiliki dampak signifikan terhadap produksi hidrokarbon. Oleh karena itu diperlukan pemetaan/karakterisasi terhadap impurities karbondioksida tersebut. Untuk melakukan pemetaan/impurities tersebut maka dilakukan pemodelan menggunakan metode seismik dengan pendekatan Amplitude Variation with Angle/Offset (AVO/AVA). Namun, hingga saat ini pemodelan kelas AVO/AVA hanya berfokus pada reservoar sand gas tanpa saturasi impurities karbondioksida. Oleh karena itu, melalui penelitian ini dilakukan pengamatan sensitivitas 12 aproksimasi AVO/AVA terhadap impurities karbondioksida pada reservoar untuk mendapatkan satu aproksimasi yang paling sensitif dan bisa menjadi dasar dalam pemodelan kelas AVO/AVA terbaru. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa sifat sensitivitas aproksimasi AVO/AVA berbeda pada setiap lingkungan pengendapan, namun memiliki pola koefisien refleksi yang relatif sama pada setiap sudut datang gelombang seismik. Pada lingkungan coastal-deltaic, Aproksimasi Aki dan Richard adalah aproksimasi yang paling sensitif terhadap impurities karbondioksida, sedangkan pada lingkungan pengendapan fluvial-meandering adalah Aproksimasi Goodway Pertama, keduanya akan sangat sensitif pada sudut datang gelombang seismik 350. Kemudian, Pada lingkungan pengendapan coastal-deltaic, dengan didasarkan oleh Aproksimasi Aki dan Richard maka dibentuk kelas AVO/AVA reservoar hidrokarbon tersaturasi impurities karbondioksida sedangkan untuk lingkungan pengendapan fluvial-meandering pembentukan kelas AVO/AVA didasarkan pada Aproksimasi Goodway Pertama.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 550 Ilmu bumi dan geologi
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Geofisika
Pengguna Deposit: 2308346296 . Digilib
Date Deposited: 20 Dec 2023 04:00
Terakhir diubah: 20 Dec 2023 04:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77723

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir