PENGEMBANGAN E-MODUL TEMATIK BERBASIS DISCOVERRY LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS V SD

Aulia , Echa Yolandha (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL TEMATIK BERBASIS DISCOVERRY LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS V SD. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (396Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2303Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1973Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini berawal dari hasil analisis kebutuhan pada pembelajaran peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk e-modul tematik berbasis discovery learning yang layak dan efektif meningkatkan kemampuan pemahaman peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Developments (R&D), Pengembangan dilakukan mengacu pada teori Borg & Gall. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V Gugus Ki Hajar Dewantara. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yang diambil pada dua sekolah yang berbeda dengan jumlah responden yaitu 50 peserta didik. Alat pengumpul data menggunakan instrumen tes. Teknik analisis data keefektifitas menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa e-modul tematik berbasis discovery learning valid digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman peserta didik berdasarkan uji validasi produk dan efektifitas e-modul tematik berbasis discovery learning dengan hasil 0,36 di SDN 29 TBT dan 0,42 di SD Muhammadiyah TBT. Kata Kunci: Pemahaman, E-Modul, Discovery Learning. This research problem begins with the results of a needs analysis on student learning. This research aims to produce a thematic e-module product based on discovery learning that is feasible and effective in improving students' understanding abilities. This research is a type of Research and Developments (R&D) research, development is carried out referring to Borg & Gall's theory. The population of this study were students of class V Gugus Ki Hajar Dewantara. This research sample used a saturated sampling technique taken from two different schools with a total of 50 students as respondents. Data collection tools use test instruments. The results of this research show that thematic e-modules based on discovery learning are valid to be used to improve students' understanding abilities based on product validation tests and the effectiveness of thematic e-modules based on discovery learning with a result of 0.36 at SDN 29 TBT and 0.42 at SD Muhammadiyah TBT. Keywords: Understanding, E-Module, Discovery Learning.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2308115992 . Digilib
Date Deposited: 22 Dec 2023 01:13
Terakhir diubah: 22 Dec 2023 01:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77854

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir