PENGARUH PENGALAMAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada SMA Negeri di Kota Bandar Lampung)

Friska , Septriyanda Patraini (2023) PENGARUH PENGALAMAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada SMA Negeri di Kota Bandar Lampung). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3874Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3395Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

SMA Negeri di Kota Bandar Lampung merupakan sekolah negeri di Bandar Lampung yang dijadikan objek penelitian. Permasalahan pada objek penelitian adalah Kinerja guru yaitu hasil kerja kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang guru dalam melakukan tugas sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya, namun dalam hal ini kinerja guru SMA Negeri di Kota Bandar Lampung masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengalaman kerja dan motivasi terhadap kinerja guru dengan komitmen sebagai variabel mediasi pada guru SMA Negeri di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian kuantatif dan dianalisis menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM). Data yang digunakan dalam penelitian ini didapat dari hasil pengujian kuesioner terhadap 224 guru yang berasal dari 17 SMA Negeri di Kota Bandar Lampung yang dijadikan sampel dalam penelitian dengan teknik pusposive sampling. Hasil yang didapat dari penelitian ini mendukung hipotesis yang diajukan yaitu pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, komitmen memediasi pengaruh pengalaman kerja terhadap kinerja, dan komitmen memediasi pengaruh motivasi terhadap kinerja. Saran dari penelitian ini pertama, guru untuk lebih meningkatkan kinerja melalui pengalaman kerja dengan cara menghasilkan kualitas kerja sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan di sekolah. Kedua, untuk lebih meningkatkan kinerja melalui motivasi dengan cara tetap menyelesaikan pekerjaan dengan baik walaupun tidak diberikan penghargaan (reward) dan guru harus meningkatkan hubungan antar pribadi, sehingga guru merasa nyaman serta hubungan antar para guru makin terjalin harmonis. Ketiga, guru untuk lebih meningkatkan kinerja melalui komitmen dengan cara membuat keterikatan menjadi bagian keluarga di sekolah. Keempat, guru untuk lebih meningkatkan kemandiriannya dalam bekerja walaupun tidak ada pengawasan dari kepala sekolah dan mampu menyelesaikan tugas tanpa harus menunggu bantuan dari rekan kerja. Katakunci: Pengalaman Kerja, Motivasi, Kinerja Guru, Komitmen. Senior High School in Bandar Lampung City is a public school in Bandar Lampung which is the object of research. The problem with the research object is teacher performance, namely the quality and quantity of work achieved by a teacher in carrying out tasks according to the responsibilities given to him, but in this case the performance of public high school teachers in Bandar Lampung City is still low. The purpose of this study was to determine the effect of work experience and motivation on teacher performance with commitment as a mediating variable for teachers of SMA Negeri in Bandar Lampung City. This research is quantitative research and was analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) analysis. The data used in this research was obtained from the results of questionnaire testing on 224 teachers from 17 public high schools in Bandar Lampung City who were used as samples in the research using a purposive sampling technique. The results obtained from this research support the proposed hypothesis, namely that work experience has a positive and significant effect on performance, motivation has a positive and significant effect on performance, commitment mediates the effect of work experience on performance, and commitment mediates the effect of motivation on performance. The first suggestion from this research is for teachers to further improve their performance through work experience by producing quality work in accordance with the criteria that have been determined at school. Second, to further improve performance through motivation by continuing to complete work well even though no reward is given and teachers must improve interpersonal relationships, so that teachers feel comfortable and relationships between teachers become more harmonious. Third, teachers can further improve their performance through commitment by creating an attachment to being part of the family at school. Fourth, teachers can increase their independence in working even though there is no supervision from the school principal and be able to complete assignments without having to wait for help from colleagues. Keywords: Work Experience, Motivation, Teacher Performance, Commitment.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen S2
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 21 Dec 2023 08:40
Terakhir diubah: 21 Dec 2023 08:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77858

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir