RANCANG BANGUN PROTOTYPE SISTEM PENGENDALI DAN PEMANTAUAN PEMAKAIAN DAYA LISTRIK PADA PERALATAN ELEKTRONIK RUMAH BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

Malik, Pangestu (2023) RANCANG BANGUN PROTOTYPE SISTEM PENGENDALI DAN PEMANTAUAN PEMAKAIAN DAYA LISTRIK PADA PERALATAN ELEKTRONIK RUMAH BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3475Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2496Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Energi listrik adalah sumber energi utama yang digunakan secara luas di seluruh dunia dan telah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Namun, ketidakseimbangan antara pasokan dan permintaan energi listrik menyebabkan terjadinya krisis energi, termasuk di Indonesia. Di masa pandemi COVID-19, kebutuhan akan energi listrik semakin penting karena banyak aktivitas yang dilakukan di rumah. Untuk mengatasi krisis energi listrik dan mencapai efisiensi penggunaan energi, diperlukan pengendalian dan pemantauan pemakaian daya listrik pada perangkat elektronik rumah tangga. Dalam penelitian ini, dirancang sebuah sistem pengendalian dan pemantauan pemakaian daya listrik pada peralatan elektronik rumah berbasis Internet of Things (IoT). Sistem ini dilengkapi dengan relay sebagai pengendali, sensor PZEM-004T sebagai sensor yang dapat membaca arus, tegangan, dan daya, serta sensor Ultrasonik HC-SR04 sebagai sensor yang mendeteksi keberadaan orang dalam ruangan. Data yang diperoleh dari sensor-sensor tersebut akan dikirimkan melalui jaringan Internet menggunakan NodeMCU yang terhubung dengan jaringan WiFi. Kemudian, data tersebut akan diterima dan ditampilkan melalui aplikasi Blynk yang juga berfungsi sebagai sistem pengendali. Sistem akan melakukan pengendalian dan pemantauan pada peralatan elektronik rumah tangga yaitu lampu, televisi dan kipas yang ada pada satu ruangan. Pengambilan data dilakukan selama 2 minggu untuk mengetahui efisiensi sistem yang telah dibuat. Hasil pemasangan sistem pengendalian dan pemantauan daya listrik ini menghasilkan penghematan pemakaian daya listrik sebesar 13.11%. Kata kunci: Pengendalian Pemakaian Daya, Pemantauan Energi, Sensor PZEM- 004T, Sensor Ultrasonik HC-SR04, Efisiensi Energi, Internet of Things (IoT)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Elektro
Pengguna Deposit: 2308548762 . Digilib
Date Deposited: 22 Dec 2023 06:23
Terakhir diubah: 22 Dec 2023 06:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77893

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir