PRODUKSI JAGUNG, PERILAKU JERAPAN FOSFOR (LANGMUIR), FOSFOR DAN KALIUM TERANGKUT AKIBAT PERLAKUAN BIOCHAR DAN PEMUPUKAN FOSFOR DI TANAH ULTISOL GEDONG MENENG

Alfina , Dwiyanti (2023) PRODUKSI JAGUNG, PERILAKU JERAPAN FOSFOR (LANGMUIR), FOSFOR DAN KALIUM TERANGKUT AKIBAT PERLAKUAN BIOCHAR DAN PEMUPUKAN FOSFOR DI TANAH ULTISOL GEDONG MENENG. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1149Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1014Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Jagung sebagai sumber kebutuhan akan pangan mengalami peningkatan diiringi dengan bertambahnya jumlah penduduk. Namun, produksi jagung mengalami penurunan yang diakibatkan dari permasalahan tanah ultsiol berupa kesuburan tanah. Usaha untuk memperbaiki kesuburan tanah ultsiol yaitu dengan pemupukan P dan penambahan biochar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui produksi jagung, perilaku jerapan fosfor (Langmuir), fosfor dan kalium terangkut akibat perlakuan biochar dan pemupukan fosfor. Penelitian dirancangan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 2 faktor dan 3 ulangan. Faktor pertama adalah berbagai jenis biochar (B) dengan 4 taraf yaitu Tanpa biochar (B0), Biochar sekam padi (B1), Biochar tongkol jagung (B2), dan Biochar batang singkong (B3). Faktor kedua adalah pemupukan fosfat (P) dengan 2 taraf yaitu Tanpa pupuk P (P0), dan pupuk P (P1). Penanaman jagung dilaksanakan di Laboratorium Lapangan Terpadu, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. Hasil penelitian, produksi jagung menunjukkan pada perlakuan biochar batang singkong dan pupuk P berbeda nyata tertinggi dibandingkan perlakuan lainnya. Jerapan P maksimum tanah yang diberi perlakuan biochar batang singkong dan P lebih rendah dibandingkan tanah komposit (sebelum tanam) dan perlakuan lainnya. Jerapan P maksimum (Xmax) sebelum tanam tidak berkorelasi terhadap sifat kimia tanah. Jerapan P maskimum (Xmax) setelah panen berkorelasi terhadap P-potensial dan N-total. Kata kunci: Biochar, Langmuir, fosfor terangkut jagung, Kalium terangkut jagung, Pupuk fosfat.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Ilmu Tanah
Pengguna Deposit: 2308997119 . Digilib
Date Deposited: 22 Dec 2023 06:29
Terakhir diubah: 22 Dec 2023 06:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77895

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir