Khoirunnisa, 1713023024 (2023) PENGEMBANGAN e-BOOK INTERAKTIF BERORIENTASI EVERYDAY LIFE PHENOMENA PADA MATERI SISTEM KOLOID. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2166Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (1336Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bahan Ajar E-book Interaktif Berorientasi Everyday Life Phenomena pada Materi Sistem Koloid, mendeskripsikan karakteristik, validitas dan respon guru serta siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan mengikuti model 4D menurut Thiagarajan sampai pada tahap ketiga dari total empat tahap, yaitu pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kebutuhan e-book yang dikembangkan terhadap guru dan siswa, angket validasi ahli serta angket respon guru dan siswa. Sumber data penelitian awal adalah 3 guru mata pelajaran kimia masingmasing 1 guru dari tiga SMA yang berbeda dan 60 siswa kelas XI IPA masingmasing 20 siswa dari tiga SMA yang berbeda serta 3 validator ahli. Data yang diperoleh dari validator, guru, dan siswa yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Karakteristik bahan ajar yang dikembangkan yaitu bersifat interaktif, struktur e-book terdiri dari bagian pendahuluan, isi, dan penutup. E-book interaktif berorientasi everyday life phenomena pada materi sistem koloid terbagi menjadi 4 pokok bahasan materi berdasarkan struktur makro yang telah dibuat yaitu pengertian koloid, jenis-jenis kolid, sifat-sifat koloid dan pembuatan koloid dengan masing-masing submateri yang diawali dengan penyajian fenomena dalam kehidupan sehari-hari terkait materi yang dibahas. E-book interaktif berorientasi everyday life phenomena disertai fitur interaktif berupa kolom identifikasi pada tiap submateri untuk mengukur kemampuan siswa dan terdapat pula uji kompetensi pada bagian akhir materi sehingga siswa dapat belajar secara mandiri. Hasil validasi serta tanggapan guru dan siswa pada keempat aspek kesesuaian isi, konstruksi, kemenarikan dan lembar keterbacaan menunjukkan bahwa e-book ini menarik dan mudah dipahami. Dengan demikian, e-book interaktif berorientasi everyday life phenomena pada materi sistem koloid yang dikembangkan dapat dikatakan valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar. Kata kunci: e-book interaktif, everyday life phenomena, sistem koloid
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2308947907 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Dec 2023 06:32 |
Terakhir diubah: | 22 Dec 2023 06:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77896 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |