PENGARUH SISTEM OLAH TANAH DAN PEMUPUKAN NITROGEN TERHADAP KELIMPAHAN DAN KERAGAMAN ARTHROPODA TANAH PADA PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) TAHUN KE-34 DI TANAH ULTISOL

INKA, APRILIA SAKINAH (2023) PENGARUH SISTEM OLAH TANAH DAN PEMUPUKAN NITROGEN TERHADAP KELIMPAHAN DAN KERAGAMAN ARTHROPODA TANAH PADA PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) TAHUN KE-34 DI TANAH ULTISOL. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2056Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1703Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Produksi tanaman jagung (Zea mays L.) rendah dikarenakan rendahnya kandungan unsur hara, bahan organik, pH tanah dan aktivitas mikroorganisme. Namun, apabila dilakukan pengelolaan tanah yang sesuai maka dapat berproduksi secara optimal. Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan proses pengolahan tanah dan pemupukanyang akan mempengaruhi kelimpahan dan keragaman arthropoda tanah Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari kelimpahan dan keragaman arthropoda pada pvertumbuhan tanaman jagung (Zea mays L.) akibat pengaruh sistem olah tanah dan pemupukan nitrogen jangka panjang di tanah Ultisol. Penelitian ini dilakukan di Lahan Tanpa Olah Tanah yang berlokasi di Politeknik Negeri Lampung (Polinela) pada September 2021 sampai Januari 2022. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan acak kelompok (RAK) yang disusun secara faktorial dua faktor yang terdiri dari enam perlakuan dan empat kelompok. Faktor pertama yang diterapkan adalah pemupukan nitrogen, yaitu N0 : tanpa pupuk N dan N2 : aplikasi pupuk N 200 kg N ha-1. Faktor kedua dalah pengolahan tanah yaitu T1 : olah tanah intensif, T2 : olah tanah minimum, dan T3 : tanpa olah tanah. Data yang diperoleh diuji dengan Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan sistem olah tanah tidak berpengaruh terhadap kelimpahan dan keragaman arthropoda tanah. Namun, kekayaan jenis arthropoda tanah pada perlakuan tanpa olah tanah (TOT) lebih tinggi dibandingkan dengan sistem olah tanah yang lainnya. Sedangkan pada perlakuan aplikasi pupuk N 200 kg N ha-1 (N2) kelimpahan dan keragaman arthropoda tanah lebih rendah dibandingkan tanpa aplikasi pupuk N (N0). Tidak terdapat interaksi antara sistem olah tanah dan pemupukan nitrogen terhadap kelimpahan dan keragaman arthropoda. Namun, terdapat interaksi antara perlakuan terhadap kemerataan dan kekayaan jenis arthropoda. Kata kunci : Arthropoda tanah, pupuk N, sistem olah tanah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Ilmu Tanah
Pengguna Deposit: 2308568001 . Digilib
Date Deposited: 29 Dec 2023 01:01
Terakhir diubah: 29 Dec 2023 01:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77961

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir