ANALISIS PERBANDINGAN PERAMALAN DATA PEMROGRAMAN PASANG SURUT ANFOR DENGAN DATA PENGUKURAN PASANG SURUT ADMIRALTY PADA STASIUN CILACAP

Yeshe , Anggraini (2023) ANALISIS PERBANDINGAN PERAMALAN DATA PEMROGRAMAN PASANG SURUT ANFOR DENGAN DATA PENGUKURAN PASANG SURUT ADMIRALTY PADA STASIUN CILACAP. TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pasang surut air laut merupakan suatu gerakan naik turunnya permukaan air secara periodik sebagai akibat dari gaya tarik menarik antara bumi, bulan dan matahari. Analisa pasang surut sangat diperlukan dalam penentuan posisi mean level maupun prediksi muka air laut yang dapat dianalisa dengan program admiralty dan program anfor. Pada penelitian ini dilakukan analisa terhadap empat tipe pasang surut selama 15 hari. Pengolahan data analisa program anfor menggunakan software Totis dan analisa program admiralty menggunakan software microsoft excel. Hasil analisa pasang surut program admiralty dan anfor diperoleh selisih terbesar yaitu pada komponen S2 sebesar 9,3503 m dari analisa data pengamatan stasiun Cilacap. Sedangkan untuk selisih fase terbesar yaitu pada komponen K2 dari analisa data pengamatan stasiun Cilacap sebesar 687,6405°.Uji hasil data prediksi masing-masing analisa dengan data pengamatan menunjukkan program anfor lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai RMSE program anfor pada empat data lebih kecil dibanding program admiralty. Berdasarkan hasil uji dari kedua metode menghasilkan bahwa kelebihan dari program anfor yaitu lebih cepat dan mudah dalam analisa serta menghasilkan komponen pasut lebih banyak dan hasil prediksi yang lebih akurat.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 690 Pembangunan gedung
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil
Pengguna Deposit: 2308630580 . Digilib
Date Deposited: 28 Dec 2023 07:38
Terakhir diubah: 28 Dec 2023 07:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77964

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir