STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SEJARAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DENGAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP MATA PELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI SMAN 2 KOTAAGUNG TAHUN AJARAN 2023/2024

Ahmad , Syifa Pratama Sutami (2023) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SEJARAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DENGAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP MATA PELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI SMAN 2 KOTAAGUNG TAHUN AJARAN 2023/2024. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (154Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1247Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1112Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan hasil belajar sejarah antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model tipe SFAE dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan model tipe cooperative script. Metode yang digunakan penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif, Penelitian komparatif adalah penelitian yang membandingkan keberadaan suatu variabel atau lebih pada dua atau lebih sampel yang berbeda, atau pada waktu yang berbeda dengan sampel kelas XI SMAN 2 Kotaagung. Hasil penelitian yang didapat berdasarkan tes hasil belajar kelas eksperimen SFAE yang dimana siswa belajar mempresentasikan idea tau pendapat pada rekan peserta didik lainnya diperoleh nilai terendah 65 dan nilai tertinggi 90 sedangkan kelas control dengan model pembelajaran cooperative script dimana siswa bekerja berpasangan dan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari didperoleh nilai terendah 45 dan nilai tertinggi 80. Dapat disimpulkan dari nilai yang didapat dari data tes hasil belajar Penggunaan model pembelajaran SFAE lebih tinggi dibandingkan cooperative script dikarenakan Model pembelajaran SFAE menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. Kata Kunci: Cooperative Script, Hasil Belajar, Student Facilitator And Explaining abstract The purpose of this study was to determine the difference in history learning outcomes between students whose learning used the SFAE type model compared to learning using the cooperative script type model. The method used is experimental research with a comparative approach, comparative research is research that compares the existence of one or more variables in two or more different samples, or at different times with a sample of class XI Kotaagung 2 high school. The results of the research obtained based on the SFAE experimental class learning outcomes test where students learn to present ideas or opinions to other fellow students obtained the lowest score of 65 and the highest score of 90 while the control class with a cooperative script learning model where students work in pairs and summarize parts of the material studied obtained the lowest score of 45 and the highest score of 80. It can be concluded from the values obtained from the learning outcomes test data that the use of the SFAE learning model is higher than the cooperative script because the SFAE learning model emphasizes a special structure designed to influence student interaction patterns and has the aim of increasing academic mastery. Keyword: Cooperative Script, Learning Outcomes, Student Facilitator And Explaining

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 2308300355 . Digilib
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:51
Terakhir diubah: 05 Jan 2024 02:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78002

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir