PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR DENGAN KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PEDULI SOSIAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

ANISTIA , RIZKI KHOIRUN NISA (2023) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR DENGAN KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PEDULI SOSIAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4066Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3024Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan karakter peduli sosial siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitia npengembangan Budiyono. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket berupa skala. Teknis analisis data menggunakan analisis deksriptif, uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli media, ahli materi, ahli Bahasa dan ahli kearifan lokal. Selain itu, buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan karakter peduli sosial siswa kelas IV berdasarkan hasil peningkatan rata-rata skor angket berupa skala dan lembar observasi siswa selama pembelajaran berlangsung. Hasil uji t menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada karakter peduli sosial siswa kelas IV antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengembangan buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal terbukti efektif untuk meningkatkan karakter peduli sosial siswa sekolah dasar. Kata kunci: Buku Cerita Bergambar, Kearifan Lokal, Karakter Peduli Sosial This study aims to produce picture story books based on local wisdom to improve the social care character of fourth grade elementary school students. This study uses the Budiyono development research method. Collecting data using interviews, observations, and questionnaires in the form of a scale. Data analysis techniques used descriptive analysis, t-test. The results showed that picture story books based on local wisdom were feasible to use based on the validation results of media experts, material experts, language experts and local wisdom experts. In addition, picture story books based on local wisdom can improve the social caring character of fourth grade students based on the results of increasing the average score of the questionnaire in the form of scales and student observation sheets during learning. The results t calculations show that there are significant differences in the social care character of fourth grade students between the experimental class and the control class. The development of picture story books based on local wisdom has proven effective in increasing the social care character of elementary school students. Keywords: Picture Story Book, Local Wisdom, Social Care Character

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2308344052 . Digilib
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:40
Terakhir diubah: 16 Jan 2024 04:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78065

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir