PENGGUNAAN ALAT PERAGA WAYANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BANDAR SAKTI KECAMATAN TERUSAN NUNYAI LAMPUNG TENGAH

, SITI ZAENATUN (2011) PENGGUNAAN ALAT PERAGA WAYANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BANDAR SAKTI KECAMATAN TERUSAN NUNYAI LAMPUNG TENGAH. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
mengesahkan.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (125Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (289Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (312Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img] Archive
bab skripsi.zip - Published Version

Download (1085Kb)

Abstrak

Penelitian ini berawal dari observasi pembelajaran bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Bandar Sakti mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat masih rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan alat peraga wayang dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, dalam mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, untuk aktivitas, afektif, dan psikomotor. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan persentase dan menggunakan pedoman konversi skala lima untuk mengetahui indikator keberhasilan pada penelitian terebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan alat peraga wayang pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat melalui hasil-hasil yang diperoleh melalui lembar instrument observasi. Sebelum tindakan siklus pertama rata-rata nilai kelas 58,46, setelah diadakan tindakan, nilai rata-rata formatif mencapai 74,87. Persentase aktivitas siswa dalam katagori baik. Selanjutnya hasil kognitif siswa sebelum diadakan tindakan kedua peneliti melakukan tes penjajagan, nilai rata-rata kelas 44,87. Setelah diadakan tindakan kedua nilai rata-rata kelas mencapai 73,07. Presentase aktivitas siswa dalam katagori sangat baik. Kata kunci: alat peraga, aktivitas, dan hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 28 Jan 2014 05:10
Last Modified: 28 Jan 2014 05:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/781

Actions (login required)

View Item View Item