PENGEMBANGAN MODEL POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI GUGUS SOEKARNO HATTA

AFRIYANDI, (2023) PENGEMBANGAN MODEL POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI GUGUS SOEKARNO HATTA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3048Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1612Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Motivasi belajar berperan sangat penting dalam hal memberikan semangat belajar bagi seseorang. Pola asuh demokratis orang tua mampu mengembangkan kemampuan anak untuk mengontrol perilakunya sendiri dengan hal-hal yang dapat diterima oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan serta karakteristik model pola asuh demokratis orang tua, dan efektivitas model pola asuh demokratis orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengunakan pendekatan ADDIE, penelitian ini melibatkan 4 sekolah yang tergabung di SDN Gugus Soekarno Hatta yaitu UPT SDN 1 Pardasuka Timur, UPT SDN 3 Pardasuka, UPT SDN 1 Rantau Tijang, UPT SDN 2 Rantau Tijang dengan sampel 78 orang tua / wali murid kelas V. Hasil penelitian Proses pengembangan model pola asuh orang tua, dimulai dari analisis kebutuhan peneliti dengan memberikan angket motivasi, dan menerapkan model pengembangan ADDIE, dengan pengembangan model ini mendapatkan kategori sangat layak di implementasikan. Karakteristik pengembangan model pola asuh menggunakan 4 pendekatan, yaitu komunikasi yang hangat, memiliki peraturan dan disiplin, orang tua sebagai model untuk anaknya, orang tua memberi hadiah; Efektivitas model pola asuh demokratis orang tua pada SDN Gugus Soekarno Hatta memperoleh skor 0,75 dengan tingkat keefektifan tinggi. Kata Kunci: Demokratis Orang Tua, Model Pengembangan , Motivasi Belajar, Pola Asuh Learning motivation plays a very important role in terms of providing enthusiasm for learning for someone. Parental democratic parenting is able to develop children's ability to control their own behavior with things that are acceptable to society. This study aims to analyze the characteristics of the parental democratic parenting model, and the effectiveness of model parental democratic parenting. This research is a development research using the ADDIE approach, this research involves 4 schools that are members of the Soekarno Hatta Cluster SDN, namely UPT SDN 1 Pardasuka Timur, UPT SDN 3 Pardasuka, UPT SDN 1 Rantau Tijang, UPT SDN 2 Rantau Tijang with a sample of 78 parents / guardians of grade V students. The results of the research The process of developing a parenting model, starting from analyzing the needs of researchers by providing motivational questionnaires, and applying the ADDIE development model, the model development level gets a very feasible category to be implemented. The characteristics of the development of the parenting model use 4 approaches, namely warm communication, having rules and discipline, modeling for their children, parents giving gifts; The effectiveness of the model parental democratic parenting at SDN Gugus Soekarno Hatta obtained a score of 0.75 with a high level of effectiveness. Keywords: Democratic Parenting, Model Development, Learning Motivation, Parent-student Relationship

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2308306646 . Digilib
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:02
Terakhir diubah: 17 Jan 2024 07:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78100

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir