PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INQUIRY SOCIAL COMPLEXITY (ISC) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD

ELSA, APRIANISA (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INQUIRY SOCIAL COMPLEXITY (ISC) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1697Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1067Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis Inquiry Social Complexity (ISC) yang diharapkan mampu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian menurut ADDIE. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, populasi penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 1 Sinar Semendo, sampel dalam penelitian ini adalah VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol di SDN 1 Sinar Semendo. Hasil penelitian meliputi kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Kelayakan produk dilihat dari hasil validasi produk tergolong sangat valid, pada segi materi yang menunjukkan rata-rata indeks Aiken holistic sebesar 0,839 dengan interpretasi valid. Segi bahasa yang menunjukkan rata-rata indeks Aiken holistic sebesar 0,740 dengan interpretasi valid. Segi media yang menunjukkan rata-rata indeks Aiken holistic sebesar 0,950 dengan interpretasi sangat valid. Intrumen tes yang menunjukkan rata-rata indeks Aiken holistic sebesar 0,917 dengan interpretasi sangat valid. Kepraktisan produk dapat dilihat dari rata-rata persentase respon pendidik sebesar 91,83% dengan interpretasi sangat praktis, sedangkan respon peserta didik sebesar 95,56%dengan interpretasi sangat praktis. Efektivitas produk dapat dilihat berdasarkan hasil perbandingan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kedua sampel yaitu kelas eksperimen menggunakan produk dan kelas kontrol tidak menggunakan produk. Berdasarkan hasil rekapitulasi membuktikan bahwa pada kelas eksperimen mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,73 dengan kriteria tinggi dan kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,33 dengan kriteria rendah. Kesimpulannya kelas eksperimen dengan menggunakan LKPD berbasis ISC pada saat pembelajaran di kelas tergolong efektif, hal ini dibuktikan dengan membandingkan rata-rata persentase hasil belajar dalam ranah kognitif pada kedua kelas tersebut. Kata kunci: LKPD, ISC, Hasil Belajar This research aims to develop ISC-based Student Worksheets (LKPD) expected to enhance students' learning outcomes. The research follows the ADDIE research method. The sample is used as the sample technique, with the population being teachers and students of Class V in SDN 1 Sinar Semendo. The research samples consist of Class V A as the experimental class and Class V B as the control class in SDN 1 Sinar Semendo. The research results cover the feasibility, practicality, and effectiveness of the product. Product feasibility is assessed through product validation, which is highly valid in terms of content, with an average Aiken holistic index of 0.839 and a valid interpretation. In terms of language, the average Aiken holistic index is 0.740 with a valid interpretation, and in terms of media, the average Aiken holistic index is 0.950 with a highly valid interpretation. The test instrument shows an average Aiken holistic index of 0.917 with a highly valid interpretation. Practicality is determined by the average percentage of educator responses at 91.83%, interpreted as very practical, and student responses at 95.56%, also interpreted as very practical. Product effectiveness is observed through the comparison of learning outcomes between the experimental class using the product and the control class without the product. The recapitulation results show that the experimental class achieved an N-Gain score of 0.73 with a high criterion, while the control class obtained an N-Gain score of 0.33 with a low criterion. In conclusion, the experimental class using ISC-based LKPD during classroom learning is considered effective, as evidenced by comparing the average percentage of cognitive learning outcomes in both classes. Keywords: LKPD, ISC, Learning Outcomes

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2308326652 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2024 01:12
Terakhir diubah: 22 Jan 2024 01:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78168

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir